logo


WHO Selidiki Klaster Covid-19 di Markasnya

Klaster Covid-19 di Markas WHO, 65 Pegawainya Terinfeksi Covid-19

26 November 2020 15:45 WIB

WHO
WHO istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mencatat ada 65 kasus positif Covid-19 diantara para pegawai yang bekerja di kantor pusat di Jenewa. Mereka kini tengah melakukan penyelidikan terkait kemunculan klaster Covid-19 tersebut.

"Kepada rekan-rekan, klaster (Covid-19) yang kini tengah diselidiki adalah bukti pertama adanya potensi penularan virus di dalam fasilitas WHO," kata Dr Michael Ryan, Kepala Situasi Darurat WHO, dalam konferensi persnya pada Senin, dikutip Euronews.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, yang dikirim kepada para staf melalui email pada Jumat akhir pekan lalu, setengah dari kasus infeksi tersebut terjadi pada para pegawai yang sebelumnya bekerja dari rumah (WFH). Sementara 32 kasus lain terjadi pada para pegawai yang masih bekerja di kantor pusat WHO.


Bahas Masalah Keamanan Kawasan, Kepala Pentagon Segera Berkunjung ke Timur Tengah

Untuk diketahui, sedikitnya 2000 orang saat ini bekerja di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss.

Dalam email tersebut, Raul Thomas, kepala urusan bisnis WHO mencatat ada lima orang, dimana empat diantaranya bekerja dalam satu tim, dan satu orang yang sebelumnya melakukan kontak dengan keempat orang tersebut kemudian teruji positif Covid-19. Hal tersebut memberikan indikasi bahwa langkah pengendalian dasar dan prosedur sosial distancing yang diberlakukan kemungkinan telah dilanggar.

"Kami memiliki sejumlah kasus (positif Covid-19) pada pekan lalu yang saling berkaitan...Sehingga kami masih melakukan investigasi terkait hal itu," kata Maria Van Kerkhove, salah satu pejabat WHO.

Program Vaksinasi Dimulai Akhir Tahun Ini, Uni Eropa Minta Negara Anggotanya Bersiap

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia