logo


Xi Jinping Berharap Hubungan China-AS Sehat dan Stabil Dibawah Pemerintahan Joe Biden

Presiden China Xi Jinping berharap Joe Biden dapat memperbaiki hubungan AS-China

26 November 2020 13:45 WIB

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Presiden China Xi Jinping beberapa waktu lalu telah memberikan ucapan selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya dalam Pilpres AS, dan berharap kemenangan Biden atas Donald Trump tersebut dapat menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

Dalam sebuah pernyataannya yang dikutip surat kabar China, Xinhua, Xi menyampaikan kepada Biden bahwa ia berharap dapat membuat hubungan China-AS menjadi "sehat dan stabil", seperti yang juga diharapkan oleh komunitas internasional.

"Kami berharap kedua pihak (AS-China) dapat menjunjung tinggi semangat tanpa konflik dan konfrontasi, saling menghargai dan kerjasama yang saling menguntungkan, mengendalikan perbedaan dan mendukung perkembangan hubungan AS-China yang sehat dan stabil," kata pernyataan tersebut.


Rouhani Sebut Hubungan Iran-AS Bisa Membaik seperti Sebelum Era Trump

Sebagaimana diketahui, hubungan China-AS mencapai titik terendahnya dibawah pemerintahan Donald Trump. Kedua negara super power tersebut terlibat sejumlah perselihan, diantaranya perang dagang sejak tahun 2018, isu Hong Kong dan Taiwan, hingga isu pandemi Covid-19 dan masalah HAM.

Pemerintahan Donald Trump juga menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah perusahaan asal China, seperti Huawei dan ByteDance, yang mereka yakini memiliki potensi mengancam keamanan nasional AS.

Meskipun demikian, peningkatan hubungan AS-China masih belum jelas meski Joe Biden menggantikan Donald Trump, mengingat pada sebuah acara debat kandidat yang digelar oleh Partai Demokrat pada Februari lalu, Joe Biden menyebut Xi Jinping sebagai seorang "penjahat".

Ada Potensi Serangan AS ke Iran, Militer Israel Diminta Bersiap

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia