logo


Rouhani Sebut Hubungan Iran-AS Bisa Membaik seperti Sebelum Era Trump

Hassan Rouhani, presiden Iran, mengatakan bahwa hubungan AS-Iran bisa membaik seperti sebelum era pemerintahan Donald Trump

25 November 2020 19:00 WIB

Presiden Iran Hassan Rouhani
Presiden Iran Hassan Rouhani istimewa

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa hubungan Iran dengan AS bisa kembali seperti sebelum era Kepemimpinan Donald Trump. Dalam sebuah siaran televisi Iran pada Rabu (25/11), Rouhani mengatakan jika pemerintahan Joe Biden memiliki keinginan politik, hubungan Iran-AS bisa menjadi sangat berbeda dengan era Donald Trump.

"Iran dan AS dapat memutuskan dan mengumumkan bahwa mereka dapat kembali kepada kondisi tahun 2017," katanya dikutip Al Jazeera, Rabu (25/11).

"Ini dapat menjadi solusi luar biasa terhadap sejumlah isu dan sepenuhnya merubah situsi dan kondisi (hubungan bilateral)," tambahnya.


Menlu Korsel Minta Negara-negara di Asia Tengah Dukung Perdamaian Seoul-Pyongyang

Meski demikian, Rouhani berharap kebijakan pemerintahan Joe Biden tidak seperti kebijakan Donald Trump, yang ia sebuat sebagai "kebijakan teroris dan anti HAM".

"Kami berharap sebagai langkah pertama, pemerintahan AS selanjutnya akan menyatakan kecaman mereka terhadap kebijakan Donald Trump atas Iran," ujar Rouhani.

"Salah satu manifestasi kemenangan Iran....dalam perang ekonomi adalah dengan berakhirnya era Trumpisme," lanjutnya.

"Orang ini telah melakukan kejahatan terburuk dalam sejarah AS terhadap negara yang merdeka, khususnya Iran dan Palestina," tukasnya.

Telepon Putin, Erdogan Minta Upaya Gencatan Senjata di Nagorno-Karabakh Libatkan Negara Lain

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×