logo


Joe Biden Bertekad Perkuat Aliansi AS di Asia Pasifik

Presiden AS terpilih Joe Biden mengatakan bahwa meskipun ia akan memperkuat aliansi AS di kawasan Asia-Pasifik, namun ia tidak ingin AS terlibat dalam konflik militer

25 November 2020 17:20 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

DELAWARE, JITUNEWS.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa ia akan membangun moral dalam negeri AS, meningkatkan aliansi AS di wilayah Pasifik, dan menghindari keterlibatan AS dalam sebuah perang baru.

Sebelumnya, Biden telah mengumumkan sejumlah nama sebagai anggota kabinet pemerintahannya. Ia juga telah menunjuk Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS yang baru untuk menggantikan Mike Pompeo.

"Ia (Antony) adalah satu-satunya orang yang paling siap untuk pekerjaan ini...Tony akan siap sejak hari pertama," kata Biden dikutip Sputnik News.


Pasukan Koalisi Arab Saudi Hancurkan Sejumlah Ranjau Milik Kelompok Pemberontak Yaman

"Tim ini berada di belakang saya, mereka membangun kepercayaan saya bahwa Amerika adalah negara terkuat saat bekerja dengan negara-negara aliansinya," ujar Biden.

"Secara kolektif, tim ini telah mengamankan beberapa hal keamanan nasional yang paling menentukan dan sejumlah capaian diplomatik di masa lalu...Itulah bagaimana kita menjaga Amerika aman tanpa terlibat dalam konflik militer," tambahnya.

Biden juga telah mengatakan bahwa ia tidak berniat untuk meningkatkan pembatasan perdagangan yang telah diberlakukan oleh Donald Trump terhadap China. Meski demikian, ia tetap mempertahankan logika yang juga digunakan oleh Trump dengan tidak membiarkan China untuk meningkatkan ekspansi politik dan ekonominya.

AS Janji Beri Sumbangan USD 600 Juta bagi Rakyat Afghanistan Tahun 2021

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia