logo


Ada Prioritas Mendesak, Kunjungan Pejabat AS ke Taiwan Ditunda

Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup AS, Andrew Wheeler, terpaksa menunda kunjungannya ke Taiwan karena ada kepentingan dalam negeri AS yang mendesak

25 November 2020 13:45 WIB

Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup AS, Andrew Wheeler
Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup AS, Andrew Wheeler The New York Times

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup AS Andrew Wheeler telah menunda kunjungannya ke Taiwan karena adanya prioritas mendesak dalam urusan dalam negeri AS. Hal tersebut tentunya menghapus potensi terjadinya gesekan dengan pemerintah China Daratan.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayah teritorial mereka, sempat meradang dengan rencana kunjungan pejabat AS setingkat menteri tersebut ke Taiwan.

"Karena adanya prioritas mendesak di dalam negeri, kunjungan Wheeler ke Taiwan terpaksa ditunda," kata James Hewwit, seorang juru bicara Badan Perlindungan Lingkungan Hidup AS dalam sebuah pernyataan tertulis, dikutip Reuters.


Imbangi Kekuatan China, Taiwan Bangun 3 Kapal Selam Baru

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan bahwa penudaan tersebut sungguh disayangkan. Mereka menambahkan bahwa Taiwan akan menyambut baik adanya kunjungan resmi pejabat AS selanjutnya.

"Taiwan akan melanjutkan kerjasama dalam hal lingkungan hidup dengan pemerintahan Joe Biden, dan siap memfasilitasi kunjungan-kunjungan pejabat AS di masa depan," kata Juru bicara Kemenlu Taiwan Joanne Ou.

Pada bulan Agustus lalu, kunjungan Menteri Kesehatan AS Alex Azar ke Taipei juga telah membuat China marah. Pemerintah China bahkan mengirimkan puluhan pesawat tempur mereka ke wilayah perbatasan dengan Taiwan pada September lalu, saat Wakil Menlu AS, Keith Krach berkunjung ke Taiwan.

Joe Biden Minta Perbatasan Inggris Raya dengan Irlandia Utara untuk Dibuka

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia