logo


Imbangi Kekuatan China, Taiwan Bangun 3 Kapal Selam Baru

Langkah tersebut dilakukan untuk memperkuat kemampuan pertahanan Taiwan sekaligus untuk menghadang kapal-kapal musuh yang mencoba memasuki wilayah Taiwan

25 November 2020 12:36 WIB

Ilustrasi Kapal Selam
Ilustrasi Kapal Selam istimewa

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Presiden Taiwan Tsai Ing Wen pada Selasa (24/11) menegaskan bahwa ia akan memulai proses pembangunan 3 armada kapal selam baru untuk memperkuat pertahanan Taiwan dalam menghadapi ancaman China daratan.

Taiwan, yang diklaim oleh China sebagai wilayah teritorialnya, sudah sejak lama berupaya untuk meningkatkan kekuatan kapal selam mereka untuk mengimbangi kekuatan angkatan laut China yang memiliki sejumlah kapal perang yang telah dibekali dengan senjata nuklir.

Dalam sebuah upacara pembukaan pembangunan kapal selam di pelabuhan kota Kaohsiung, Tsai menyebut langkah tersebut adalah salah satu "capaian bersejarah" mereka pada sektor pertahanan, setelah sekian lama menghadapi "banyak tantangan dan keraguan".


Tokoh Politik India Minta Pakistan, Bangladesh dan India untuk Gabung Jadi Satu Negara

Rencana Taiwan tersebut tentunya mendapat dukungan dari Amerika Serikat.

"Pembangunan (kapal selam) ini menunjukkan keinginan kuat Taiwan kepada dunia dalam hal melindungi kedaulatan negara," kata Tsai Ing Wen dikutip Channel News Asia.

"Kapal selam adalah peralatan yang sangat penting untuk kemampuan perang Angkatan Laut Taiwan dan untuk menghadang kapal-kapal musuh yang mencoba melanggar batas wilayah Taiwan," tambahnya.

Sebelumnya, pemerintahan Donald Trump pada tahun 2018 lalu sebenarnya telah memberikan lampu hijau bagi perusahaan-perusahaan AS untuk turut berpartisipasi dalam program pembangunan kapal selam Taiwan ini, meskipun sejauh ini masih belum jelas perusahaan mana saja yang akan ikut terlibat.

Kedubes China di Manila Sebut AS Bikin Kekacauan Berbahaya di Asia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia