logo


DPR: Tol Probowangi Bakal Menggeliatkan Sektor Pariwisata

Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi (Probowangi) tidak hanya mempercepat jarak tempuh namun bakal menggerakan ekonomi UMKM di rest area dan menumbuhkan ekonomi berbasis pariwisata.

25 November 2020 11:39 WIB

Tol Jatim
Tol Jatim rilis PUPR

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi (Probowangi) tidak hanya mempercepat jarak tempuh namun bakal menggerakan ekonomi UMKM di rest area dan menumbuhkan ekonomi berbasis pariwisata.

"Sektor pariwisata insha Alloh bakal bergeliat dan efeknya, ekonomi kerakyatan, khususnya makanan asli daerah, kerajinan tangan atau penginapan-penginapan juga ikut bergerak," ujar Anggota Komisi VI DPR RI, Nasim Khan

Probolinggo, Situbondo dan Banyuwangi, kata putra asli Situbondo ini merupakan daerah yang menawarkan pesona pariwisata yang luar biasa.


Berani Mengubah Arah Bisnis

Untuk di situbondo saja, kata Nasim, ada berbagai tempat yang menarik, diantaranya, Taman nasional Baluran, padang rumput sikasur dan lainnya.

"Untuk menunjang program pemerintah, Presiden memberikan bantuan pengembangan wisata Ijen dari Kayumas sebesar RP 250 Miliar, itu sudah tertuang di Perpres No 80. Exit ke 4 ini, adalah akses menuju lingkar Wisata Ijen, exit tol ke 5 di Bajulmati untuk akses Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo dan Taman Nasional Baluran sendiri sudah ada kontrak dengan swasta yaitu pengembangan Taman Nasional Persada yang sudah mau investasi sekitar Rp 2 triliun,” kata dia.

Pembangunan Jalan tol PROBOWANGI merupakan pembangunan jalan terpanjang di pulau jawa dengan total panjang yakni 171,516 kilometer dan terbagi menjadi tiga sesi.

Politisi PKB ini menjelaskan, untuk pembangunan jalan tol sesi 1 akan dikerjakan dari Probolinggo-Besuki sepanjang 29,6 kilometer.

Selanjutnya, untuk sesi 2 pekerjaan akan dilaksanakan dari Besuki-Bajulmati sepanjang 110,875 kilometer dan untuk sesi ke 3 pembangunan jalan tol akan digarap dari Bajulmati-Ketapang sepanjang 31,041 kilometer.

“Kita membahas pembangunan jalan Tol PROBOWANGI bersama PT Jasa Marga (persero) Tbk, PT Hutama Karya (persero), PT PP(persero) Tbk, PT Wijaya Karya (persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (persero) Tbk, dan PT Jasa Raharja (persero) yang bertempat di Taman Dayu Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur,” ujar dia.

Harapan Besar Pembuat Tahu Kecil

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar