logo


Lika-liku Kehidupan Edhy Prabowo Sebelum Jadi Menteri KKP dan Ditangkap KPK

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap oleh KPK terkait dugaan korupsi ekspor benur.

25 November 2020 10:59 WIB

Edhy Prabowo
Edhy Prabowo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap oleh KPK terkait dugaan korupsi ekspor benur.

Edhy Prabowo merupakan politikus Partai Gerindra yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum.

Sebelum terjun ke dunia politik, Edhy merupakan atlet pencak silat nasional. Pria kelahiran 1972 ini pernah mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) dan juga kejuaraan tingkat nasional.


Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Ini Kata Gerindra

Berhenti menjadi atlet, Edhy terjun ke dunia militer pada tahun 1991. Ia diterima menjadi anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah. Sayangnya, karirnya sebagai tentara hanya bertahan dua tahun. Edhy dikeluarkan karena terkena sanksi dari kesatuan.

Prabowo Subianto kemudian menampung Edhy dan teman-temannya. Prabowo sendiri membiayai Edhy berkuliah di Universitas Moestopo mengambil ilmu pendidikan.

Edhy pada akhirnya menjadi orang kepercayaan Prabowo, dia mendampingi Prabowo ketika berdomisili di Jerman dan Yordania.

Sejak 2005, Edhy juga aktif berorganisasi di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Saat Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy kemudian maju sebagai caleg Dapil Sumatera Selatan yang merupakan kampung halamannya.

Edhy sendiri pernah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019. Dia juga dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional DPP Partai Gerindra sejak 2012 hingga sekarang.

Edhy Prabowo masuk Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin dan diangkat menjadi Menteri KKP sejak 23 Oktober 2019. Hingga pada akhirnya, pada Rabu (25/11/2020) sekitar pukul 02.00 WIB Edhy ditangkap sesaat dia tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Said Didu: Semoga Pemain Ekspor Lobster Lainnya Terbuka

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata