logo


Huawei Masih Bakal Rilis Seri P50 Tahun Depan, Pakai Chipset Kirin?

Menurut laporan yang beredar, Huawei masih akan merilis ponsel kelas atas mereka pada tahun 2021 mendatang dengan menggunakan chipset Kirin

24 November 2020 15:15 WIB

Huawei
Huawei Metro

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Huawei sejauh ini telah merasakan dampak yang siginifikan, khususnya untuk divisi smartphone mereka, usai pemerintah Amerika Serikat melarang mereka untuk membeli perangkat hardware maupun software dari perusahaan lain yang memakai teknologi AS. Sanksi tersebut sebenarnya sudah ada pada tahun 2019 lalu, dan perusahaan tersebut berupaya untuk dapat 'survive". Namun, situasi menjadi lebih rumit pada tahun 2020 ini.

Huawei kehilangan akses mereka untuk mendapatkan pasokan chipset HiSillicon dari TSMC, yang mulai September lalu tidak lagi dapat bekerjasama dengan Huawei. Meski begitu, Huawei masih berupaya untuk dapat menyelamatkan diri pada sektor ponsel kelas flagship, dengan merilis seri Mate 40 yang ditenagai dengan chipset HiSillicon Kirin 990.

Saat ini, perusahaan asal Tiongkok tersebut perlu bergantung pada produsen chipset pihak ketiga lainnya agar mereka masih tetap dapat merilis ponsel kelas flagship pada pertengahan tahun 2021 mendatang. Meskipun tengah dihimpit oleh permasalahan tersebut, namun Huawei dikabarkan masih bertekad untuk menghadirkan seri ponsel flagship mereka selanjutnya, yakni P50 pada enam bulan pertama tahun 2021 mendatang.


Pihak Oposisi Kanada Desak Justin Trudeau Blokir Huawei dari Jaringan 5G Mereka

Menurut laporan yang dihimpun oleh TheElec, Huawei rencananya akan meluncurkan ponsel Seri P selanjutnya tersebut dengan chipset Kirin 9000 berbasis 5nm. Hal ini tentunya sangat mengejutkan mengingat dalam pernyataan sebelumnya, Yu Richard yang merupakan salah satu CEO Huawei mengatakan bahwa Huawei P40 adalah ponsel terakhir mereka yang menggunakan chipset Kirin.

 

CEO Ericsson Minta Swedia Tak Blokir Huawei dari Jaringan 5G

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia