logo


Ini Dia Kendala Produksi Beras di Tahun 2015

Meski diterpa berbagai kendala, Mentan optimis akhir tahun ini surplus produksi beras bisa tercapai

20 April 2015 17:27 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Meski diterpa berbagai masalah di berbagai sektor pertanian, namun Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman optimistis akhir tahun ini surplus produksi beras berkat Program Khusus untuk Swasembada Pangan Berkelanjutan (UPSUS), dapat tercapai.

Amran mengungkapkan, adapun kendala yang dihadapi dalam pencapaian tersebut antara lain tingginya konversi dan fragmentasi lahan pertanian, kerusakan saluran irigasi, penurunan jumlah petani, kehilangan hasil pasca panen, pasokan pupuk dan benih, terbatasnya sumber pembiayaan, dan tidak stabilnya harga produk pertanian selama musim panen. 

Meski demikian, dalam keterangan tertulisnya, Amran menjelaskan bahwa dalam 5 bulan pelaksanaannya, Program UPSUS sukses mendorong petani untuk meningkatkan produksi pangan, yang diperoleh melalui percepatan waktu tanam, peningkatan produktivitas pertanaman, penggunaan irigasi efektif dan efisien, peningkatan penggunaan alat dan mesin pertanian, serta peningkatan index pertanaman.


Mendekati Hari-H Lebaran, Pemerintah Diminta Antisipasi Lonjakan Harga Daging

Amran juga mengatakan, pentingnya pencapaian swasembada pangan berkelanjutan sebagai strategi utama, untuk menjamin ketahanan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Pengamat Ragukan Efektivitas Pemanfaatan Kartu Tani

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro