logo


Arab Saudi Bantah Ada Pertemuan Rahasia antara PM Israel dengan Pangeran Arab

Menteri Luar Negeri Arab Saudi membantah adanya laporan media yang menyebut PM Israel secara rahasia mengadakan pertemuan dengan Pangeran Muhammad bin Salman saat Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berkunjung ke Arab Saudi

24 November 2020 13:08 WIB

Pangeran Arab Saudi Muhammad bin Salman dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan)
Pangeran Arab Saudi Muhammad bin Salman dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) istimewa

RIYADH, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud membantah adanya laporan media yang menyebut jika sejumlah pejabat Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, turut hadir saat Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"Saya telah melihat laporan pers mengenai sebuah pertemuan rahasia antara Putra Mahkota dan sejumlah pejabat Israel saat @SecPompeo berkunjung. Pertemuan semacam itu tidak terjadi. Sejumlah pejabat yang hadir pada waktu itu hanya pejabat Amerika dan Saudi," kata Faisal bin Farhan Al Saud dalam postingan Twitternya pada Senin (23/11).

Sebelumnya, media Israel melaporkan bahwa Netanyahu dan sejumlah perwakilan Israel mengadakan pertemuan rahasia dengan Putra Raja Salman di Arab Saudi saat Pompeo berkunjung ke Arab Saudi beberapa waktu yang lalu. Laporan tersebut muncul beberapa pekan usai Israel mencapai kesepakatan dengan sejumlah negara Arab seperti Uni Emirat Arab, Bahrain dan Sudan, untuk membangun hubungan diplomatik.


UNICEF Siap Kirim 2 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 Tahun Depan untuk Negara Miskin

Kesepakatan tersebut tercapai berkat dukungan dari pemerintahan Donald Trump. Sejumlah spekulasi yang beredar bahkan menyebut jika Washington kemungkinan akan terus mendorong sejumlah negara Arab lain untuk mengikuti jejak Uni Emirat dalam melakukan normalisasi hubungan dengan Israel, sebelum Joe Biden dilantik menggantikan Donald Trump.

Sejauh ini, baik kantor pemerintahan Israel maupun Kedubes AS di Israel belum mengeluarkan pernyataan mereka terkait laporan ini.

Perdana Menteri Israel Diminta Mundur, Demonstran: F*ck Netanyahu...

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia