logo


Jabatan Menlu AS Bakal Diisi oleh Pria Ini Jika Pemerintahan Donald Trump Berakhir

Antony Blinken digadang-gadang bakal menggantikan Mike Pompeo sebagai menteri Luar Negeri AS

23 November 2020 12:45 WIB

Antony Blinken
Antony Blinken cbs news

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Diplomat veteran AS Antony Blinken digadang-gadang untuk mengisi jabatan Menteri Luar Negeri AS menggantikan Mike Pompeo, usai pemerintahan Donald Trump berakhir. Hal itu disampaikan oleh seorang narasumber anonim kepada Reuters.

Seseorang yang dekat dengan Joe Biden tersebut mengatakan bahwa Blinken, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai wakil kepala penasihat keamanan nasional AS era Barrack Obama tersebut, adalah salah satu sosok yang sangat dekat dengan Joe Biden yang berpeluang menggantikan posisi yang sebelumnya diisi oleh Mike Pompeo.

Penunjukan Blinken sendiri nantinya akan segera diumumkan pada pekan ini seiring dengan pengumuman kabinet pertama pemerintahan Joe Biden.


Iran Sebut Serangan Roket di Afghanistan adalah Proxy War Amerika

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada bulan Oktober lalu, Blinken mengatakan bahwa AS seharusnya tidak menyerahkan peran kepemimpinannya di panggung politik dunia.

"Beban yang ditanggung (menjadi pemimpin dunia) memang terkadang memainkan peran....namun pilihan dalam hal kepentingan (nasional) kita dan kehidupan rakyat AS jauh lebih buruk (daripada beban tersebut)," ujar Blinken.

Pria kelahiran New York dan lulusan Universitas Harvard tersebut memulai karir politiknya di akhir tahun 1980-an saat membantu Michael Dukakis yang pada saat itu menjadi kandidat presiden AS dari Partai Demokrat. Namun sayang, ia kalah dari George Bush.

Ia kemudian bergabung menjadi salah satu tim penulis naskah pidato kepresidenan Bill Clinton. Ia juga kembali ditunjuk sebagai salah satu penasihat keamanan nasional Gedung Putih pada masa pemerintahan Barrack Obama.

 

Israel Desak AS Tak Kembali Gabung Kesepakatan Nuklir dengan Iran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia