logo


Putin Ungkap Alasan Mengapa Dirinya Sejauh Ini Belum Beri Ucapan Selamat kepada Joe Biden

Vladimir Putin mengatakan bahwa ia harus menunggu pengumuman resmi hasil pilpres AS terlebih dahulu untuk menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terpilih AS

23 November 2020 11:00 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan alasan mengapa dirinya sejauh ini belum juga menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terpilih AS Joe Biden, Putin membantah jika ia memiliki hubungan yang tidak baik dengan tokoh politik dari Partai Demokrat AS tersebut.

"Tidak ada motivasi terselubung dan tidak ada yang aneh dengan hal itu," ujar Putin kepada saluran berita Rossiya-1, dikutip RT.com, Senin (23/11).

"Tidak ada yang dapat menyebabkan hubungan kami memburuk. Ini murni formalitas saja," tambahnya.


WHO: Di Seluruh Eropa dan Amerika Utara, Rumah Sakit dan Ruang ICU Sudah Terisi Penuh

"Menurut norma politik, kita akan menyampaikan (ucapan selamat) itu setelah salah satu pihak mengakui kemenangan pihak lainnya, atau hasil akhir pemilu telah diumumkan," kata Putin.

Pada awal bulan ini, juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov, mengatakan bahwa Rusia akan menunggu pengumuman resmi hasil penghitungan suara pilpres AS, atau jika salah satu pihak telah mengakui kekalahannya.

"Menurut kami, sebuah hal yang benar untuk menunggu pengumuman hasil penghitungan suara pilpres," kata Peskov.

Meski hasil penghitungan suara masih belum diumumkan secara resmi, namun diketahui sejumlah pemimpin negara, seperti PM Inggris Boris Johnson, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan PM Jepang Yoshihide Suga, telah menyampaikan ucapan selamat mereka kepada Joe Biden.

Pemerintah Belarus Gantian Jatuhkan Sanksi terhadap Uni Eropa

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia