logo


Penggiat Fintech Ini Raih Insipiring Professional & Leadership Award 2020

Awal karir Edwin Kusuma di bidang Fintech dimulai ketika ia memutuskan untuk kembali ke tanah air setelah berkarir di perusahaan teknologi terkemuka di dunia, Google

22 November 2020 20:25 WIB

Edwin Kusuma, penggiat di bidang Financial Technology (Fintech) mendapatkan penghargaan Insping Professional & Leadership Award 2020 dari Indonesia Award Magazine pada Jumat, 20 November 2020 di Jakarta
Edwin Kusuma, penggiat di bidang Financial Technology (Fintech) mendapatkan penghargaan Insping Professional & Leadership Award 2020 dari Indonesia Award Magazine pada Jumat, 20 November 2020 di Jakarta pers rilis

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Edwin Kusuma, penggiat di bidang Financial Technology (Fintech) baru saja mendapatkan penghargaan Insping Professional & Leadership Award 2020 dari Indonesia Award Magazine pada Jumat, 20 November 2020 di Jakarta. Penghargaan ini diberikan melalui hasil survey dari berbagai sumber kepada insan yang memiliki dedikasi dan profesionalitas pada bidang usaha yang digeluti.

Awal karir Edwin Kusuma di bidang Fintech dimulai ketika ia memutuskan untuk kembali ke tanah air setelah berkarir di perusahaan teknologi terkemuka di dunia, Google.

Pada saat itu, Edwin bertindak sebagai Operational Director dari salah satu perusahaan Fintech. Disitulah Edwin menggawangi perusahaan tersebut mulai dari awal pembentukan legalitas perusahaan, pembentukan tim, bekerjasama dengan instansi lokal, pengurusan perizinan, sampai ke teknis dan non teknis operasional perusahaan penyedia layanan pinjaman online tersebut.


Sempat Diminta Tolak Penghargaan Jokowi, Gatot Nurmantyo Dipastikan Hadir Terima Tanda Kehormatan

Jiwa kepemimpinan Edwin Kusuma sangat terlihat jelas dengan cara dan metode dia dalam mengepalai puluhan hingga ratusan karyawan. Baginya komunikasi adalah salah satu kunci sukses untuk membuat satu perusahaan dapat berjalan secara baik. Beliau sering meluangkan waktu untuk siapapun yang ada di dalam perusahaan untuk lebih mendalami dan memahami kendala dan realita di lapangan.

“Seorang pemimpin juga harus bisa memberikan contoh yang baik bagi anak buah atau rekan kerjanya, jika kita belum bisa memberikan teladan susah untuk membuat orang lain mau untuk bekerja sesuai dengan harapan. Jadi semangat dan atmosfer kerja yang mendukung pastinya akan berdampak positif terhadapa hasil kerja mereka," ujar Edwin pada wartawan, Minggu (22/11/2020).

Perjalanan karir Edwin di dunia Fintech berlanjut ketika ia menjadi CEO dari perusahaan Fintech P2P Lending di Indonesia. Ia merasa banyak lagi yang perlu dilakukan agar Fintech bisa menjadi salah satu faktor pendukung yang berperan penting dalam membantu Pemulihan Ekonomi Nasional di masa pandemi ini. Edwin sekarang sedang fokus dengan bagaimana membantu masyarakat Indonesia agar memiliki akses ke layanan finansial terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah terpencil khususnya luar Pulau Jawa.

"Saya rasa semua komponen harus berkolaborasi dan bahu membahu untuk melakukan literasi keuangan yang merupakan tanggung jawab kita bersama pelaku di industri jasa keuangan ini, dan kita tentunya harus selalu berinovasi untuk memberikan akses finansial yang merata bagi masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.

Puji Gatot yang Tak Hadir Tapi Terima Tanda Jasa, Rocky Gerung: Manuver Politik yang Luar Biasa

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati