logo


PKB: Satgas Harus Proaktif dengan Mengadakan Swab Kepada Habib Rizieq

Rizieq yang tidak melakukan karantina setibanya di Indonesia dan juga menggelar acara kerumunan sangat membahayakan di masa pandemi ini.

22 November 2020 05:19 WIB

Habib Rizieq
Habib Rizieq Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus PKB, Maman Imanulhaq, meminta satgas proaktif melakukan tes swab kepada Pimpinan FPI, Habib Rizieq Syihab (HRS) dan masyarakat yang hadir dalam acara di Petamburan. Hal ini menanggapi munculnya klaster baru Covid-19 akibat kerumunan acara Habib Rizieq.

"Satgas harus proaktif dengan mengadakan swab kepada HRS dan masyarakat yang hadir. Setelah itu umumkan ke publik," kata Maman kepada wartawan, Sabtu (21/11).

Anggota Komisi VIII DPR RI ini tidak tahu apakah Habib Rizieq terpapar Covid-19 atau tidak. Menurutnya, Rizieq yang tidak melakukan karantina setibanya di Indonesia dan juga menggelar acara kerumunan sangat membahayakan di masa pandemi ini.


Soal Pencopotan Baliho Rizieq, Farhat Abbas: Ulama Jangan Dimusuhin

"Saya belum tahu pastinya. Tetapi prosuderal karantina yang seharusnya dilakukan siapapun yang baru tiba dari luar negeri termasuk HRS dan keluarga, ternyata tidak dilakukan. Bahkan langsung melakukan agenda padat dengan kerumunan besar. Ini tentu sangat membahayakan," ujarnya.

Maman mengatakan kerumunan penyambutan Rizieq di bandara dan acara di Petamburan bisa berdampak serius merebaknya klaster Covid-19.

"Pembiaran kerumuan pengikut HRS mulai penyambutan di bandara, acara di Petamburan dan Tebet merupakan preseden buruk dan berdampak serius pada merebaknya cluster baru Covid-19. Dan sekarang ini hal terbukti," jelasnya.

"Pembiaran kerumunan pengikut HRS dan arogansi para tokoh sangat melukai para dokter dan perawat yang berjuang di garda depan, murid sekolah yang kehilangan semangat belajar karena daring, para korban PHK, para ustaz yang menahan diri tidak menggelar kegiatan keagamaan dan banyak pihak yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat ganasnya Covid-19," imbuh Maman.

Wagub DKI Minta Warga yang Hadir dalam Acara Habib Rizieq Periksa Jika Bergejala Covid-19

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata