logo


Pejabat Tinggi AS Segera Berkunjung Kembali ke Taiwan, Picu Amarah dari China

Perdana Menteri Taiwan mengatakan bahwa salah satu pejabat tinggi AS akan segera berkunjung ke Taiwan

21 November 2020 11:22 WIB

Taiwan-China
Taiwan-China istimewa

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang, pada Jumat (20/11), mengatakan bahwa Kepala Lembaga Perlindungan Lingkungan Hidup AS, Andrew Wheeler, akan segera berkunjung ke Taiwan. Hal tersebut akan menjadi kunjungan ketiga dari pejabat tinggi AS di Taiwan sejak bulan Agustus lalu.

Ia juga mengatakan bahwa hubungan AS-Taiwan sejauh ini terus mengalami peningkatan.

"Untuk memenuhi undangan dari Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu, Kepala Kepala Lembaga Perlindungan Lingkungan Hidup AS akan datang ke Taiwan, guna melakukan diskusi bilateral mengenai kerjasama internasional terkait isu perlindungan lingkungan," kata Su kepada para wartawan, dikutip Reuters, Sabtu (21/11).


Emmanuel Macron Sebut Turki dan Rusia Sebarkan Sentimen Anti-Perancis di Afrika

Rencana kunjungan pejabat AS ke Taiwan tersebut tentunya menyulut amarah Beijing. Juru bicara pemerintah China, Zhao Lijian mendesak AS untuk memahami bahwa Taiwan sebagai isu yang sangat sensitif bagi China.

"China akan melakukan respon yang diperlukan untuk hal itu sesuai dengan perkembangan situasi," kata Zhao dalam konferensi pers di Beijing.

Sebelumnya, kunjungan Menteri Kesehatan AS Alex Azar ke Taipei pada Agustus lalu telah memicu kemarahan dari Beijing, diikuti dengan kunjungan wakil Sekretaris Negara AS Keith Krach pada September yang memicu China mengirimkan belasan pesawat tempur mereka di perbatasan dengan Taiwan.

 

Telepon Erdogan, Raja Salman Sepakat Perbaiki Hubungan Arab Saudi-Turki

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia