logo


Australia Minta Maaf usai Pasukan Khususnya Terbukti Lakukan Kejahatan Perang di Afghanistan

Pasukan Khusus Australia Terbukti Lakukan Tindak Kejahatan Perang di Afghanistan

20 November 2020 13:45 WIB

Tentara Australia (ADF)
Tentara Australia (ADF) istimewa

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Wakil Kepala Pasukan Tentara Australia pada Kamis (19/11) menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh rakyat Afghanistan dan Asutralia usai sejumlah oknum pasukan khusus Asutralia terbukti melakukan tindak kejahatan perang dengan membunuh rakyat sipil saat ditugaskan di Afghanistan.

"Kepada rakyat Afghanistan, atas nama Pasukan Pertahanan Australia, Saya minta maaf atas semua kesalahan yang dilakukan oleh tentara Australia," kata Jenderal Angus Campbell dalam postingan Twitternya.

"Kepada rakyat Australia, saya juga minta maaf atas kesalahan yang dilakukan oleh anggota Pasukan Pertahanan Australia. Anda berhak untuk berharap bahwa pasukan militer anda akan mempertahankan negara nada dan kepentingan nasional dengan melakukan hal yang sesuai dengan nilai dan hukum yang berlaku di negara kita," tambahnya.


Minta Aliansi Lima Negara Tak Ikut Campur dalam Urusan Hong Kong, China: Agar Matanya Tidak Tercongkel

Menurut hasil laporan investigasi yang dirilis oleh otoritas Australia, pasukan khusus Australia, SAS, terbukti bersalah atas sedikitnya 39 kasus pembunuhan warga sipil di Afghanistan.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan tertulisnya, Kementerian Luar Negeri Afghanistan mengecam keras tindakan oknum SAS yang telah melakukan tindakan kejahatan perang tersebut.

"Kami mengecam pelanggaran-pelanggaran ini dan menganggapnya sebagai hal yang tidak termaafkan," demikian pernyataan pemerintah Afghanistan dikutip Anadolu Agency.

Kemenlu Afghanistan juga mengatakan bahwa mereka mengapresiasi permintaan maaf yang disampaikan oleh otoritas Australia dan kedua negara akan bekerjasama dalam memastikan penegakan hukum bagi para tersangka dan pembayaran kompensasi bagi para korban.

CDC Minta Warga AS Tak Lakukan Perjalanan saat Liburan Thanksgiving

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia