logo


Pihak Oposisi Kanada Desak Justin Trudeau Blokir Huawei dari Jaringan 5G Mereka

Partai oposisi Kanada meminta Presiden Justin Trudeau untuk segera memblokir Huawei dari jaringan 5G

19 November 2020 14:30 WIB

Justin Trudeau
Justin Trudeau Ist

OTTAWA, JITUNEWS.COM - Pihak oposisi pemerintah Kanada pada Rabu (18/11) mendesak Presiden Justin Trudeau untuk segera memblokir Huawei dari jaringan 5G mereka, atas dasar keamanan nasional.

"Kami meminta pemerintah untuk membuat keputusan atas keterlibatan Huawei dalam jaringan 5G Kanada," kata Pemimpin partai oposisi Erin O'Toole dikutip Al Jazeera.

Untuk diketahui, jaringan 5G menawarkan kecepatan download antara 50 hingga 100 kali lebih cepat daripada jaringan 4G, sehingga konektifitas super cepat tersebut diharapkan mampu meningkatkan teknologi yang ada saat ini, termasuk dalam dunia kedokteran, militer, dan lain-lain.


Lockdown dan Konten Online Bermuatan Ekstrim Tingkatkan Paham Radikal di Inggris

Penangkapan salah satu petinggi Huawei, Meng Wanzhou, dua tahun lalu di Vancouver atas permintaan AS membuat Kanada kini terjebak di tengah perang dagang AS-China, dimana Ottawa terus-terusan berjuang menghadapi taktik agresif yang dilancarkan oleh Beijing.

Usai Meng Wanzhou ditangkap oleh Kanada, China langsung menangkap dua warga negara Kanada atas tuduhan spionase. China juga memotong impor minyak Kanola dari Kanada.

Sejauh ini, Justin Trudeau masih belum memutuskan apakah Kanada akan mengikuti jejak sejumlah negara aliansi mereka seperti Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru, yang sudah terlebih dahulu memblokir Huawei dari jaringan 5G nya.

Trudeau beberapa kali mengatakan bahwa pemerintah Kanada masih menunggu rekomendasi dari sejumlah agen intelijen mereka terkait hal tersebut.

India Bangun Fasilitas Kamp Militer Canggih di Perbatasan dengan China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia