logo


Jika Yunani Jadi Beli F-35 dari AS, Turki Sudah Siapkan Sistem Pertahanan S-400 Buatan Rusia

Sistem Pertahanan Udara S-400 buatan Rusia diyakini mampu mendeteksi pesawat siluman F-35 buatan AS

19 November 2020 11:45 WIB

Sistem Rudal S-400
Sistem Rudal S-400 istimewa

ANKARA, JITUNEWS.COM - Turki saat ini tengah menghadapi tekanan dari sejumlah negara anggota aliansi NATO di kawasan Mediterania Timur usai mereka memutuskan untuk mengoperasikan dan melakukan uji coba sistem pertahanan S-400 buatan Rusia. Hal itu disampaikan oleh mantan petinggi militer Turki Mayjen Nejat Eslen, menanggapi rencana Yunani dalam melakukan pembelian sejumlah pesawat tempur F-35 dari AS.

Pada Senin (16/11), surat kabar Yunani Proto Thema melaporkan bahwa Athena telah mengajukan permohonan pembelian puluhan pesawat tempur F-35 dari Amerika Serikat, guna mengimbangi kekuatan tempur milik Turki.

"Jika Yunani membeli pesawat tempur F-35, Turki akan menggunakan sistem pertahanan S-400 untuk melawan mereka. Seluruh dunia tahu bahwa pesawat tempur tersebut dapat terdeteksi dengan menggunakan sistem pertahanan udara buatan Rusia itu. Inilah yang selama ini membuat Amerika Serikat ketar-ketir," kata Nejat Eslen, dikutip Sputnik News, Kamis (19/11).


Mantan Presiden Maladewa Sebut Negaranya Tak Mungkin Dapat Lunasi Utang ke China

Menurutnya, Amerika Serikat harus berpikir dua kali terlebih dahulu sebelum meningkatkan kerja sama mereka dengan militer Yunani.

"Turki adalah sebuah pemain penting bagi Amerika Serikat dan NATO dalam posisi geopolitik mereka dan dengan kemampuan sebenarnya yang dimiliki oleh (militer) Turki," kata Nejat.

"AS harus memperhitungkan keseimbangan strategis antara pasukan Yunani dan Turki," tukasnya.

Netanyahu Tak Akan Biarkan Iran Bangun Kubu dengan Suriah untuk Ancam Israel

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia