logo


Hadapi Ancaman Turki, Yunani Ajukan Pembelian Puluhan Pesawat Tempur F-35 dari AS

Pemerintah Yunani dikabarkan telah mengirimkan permohonan pembalian puluhan pesawat tempur F-35 dari Amerika Serikat

18 November 2020 11:30 WIB

Pesawat tempur F-35
Pesawat tempur F-35 Anadolu

ATHENA, JITUNEWS.COM - Sebuah media Yunani mengabarkan bahwa Direktorat Jenderal Investasi Persenjataan dan Pertahanan Yunani telah mengajukan permohonan pembelian puluhan pesawat tempur F-35 dari Amerika Serikat untuk menjaga wilayah perairan Yunani dari ancaman Turki.

Menurut laporan, Theodoros Lagios, kepala direktorat tersebut, telah mengirimkan sebuah surat permohonan pembelian tersebut kepada pemerintah AS. Lagos juga dikabarkan meminta Washington untuk segera meresponnya.

"Sangat penting (bagi kami) sejumlah pesawat tempur F-35 tersebut dikirim pada tahun 2021...Kami akan melakukan segala kemungkinan untuk merealisasikan program ambisius ini," kata Lagios, dikutip Sputnik News, Rabu (18/11).


Bantu Sejumlah Negara Hadapi Wabah Kelaparan, PBB Siap Gelontorkan USD 100 Juta

Sementara itu, Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis juga dikabarkan telah mengajukan permohonan pembelian pesawat tempur Rafale dari Perancis. Pemerintah Yunani berharap pembelian pesawat tempur Rafale dan F-35 tersebut dapat membantu mereka dalam menyeimbangkan kekuatan tempur dengan Turki.

Seperti diketahui, Yunani dan Turki belakangan ini terlibat perseteruan panas di wilayah perairan Mediterania Timur, saat Ankara menggelar program eksplorasi migas. Yunani dan Siprus mengklaim jika kapal Turki telah melanggar batas teritorial mereka.

China Siap Hadapi "Kegilaan Terakhir" Donald Trump Sebelum Digantikan Joe Biden

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia