logo


Bantu Sejumlah Negara Hadapi Wabah Kelaparan, PBB Siap Gelontorkan USD 100 Juta

PBB akan mengirimkan dana anggaran bantuan kemanusiaan ke sejumlah negara yang tengah dilanda wabah kelaparan

18 November 2020 10:45 WIB

Kelaparan
Kelaparan istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekjen PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Bantuan Darurat Mark Lowcock mengatakan bahwa ia akan menggunakan anggaran PBB sebesar USD 100 juta untuk membantu tujuh negara dalam upaya mencegah dan mengatasi wabah kelaparan yang diakibatkan oleh konflik, hancurnya perekonomian, perubahan iklim dan pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan bahwa USD 30 juta akan dikirimkan ke Yaman, USD 15 juta ke Afganistan dan Nigeria, USD 7 juta untuk Sudan Selatan dan Republik Kongo, serta USD 6 juta untuk Burkina Faso. Lowcock juga mengatakan bahwa USD 20 juta lainya juga telah disiapkan untuk mengantisipasi memburuknya situasi di Ethiophia.

"Wabah kelaparan mengakibatkan kematian yang penuh penderitaan dan memalukan," ujar Lowcock, dikutip Reuters.


Vladimir Putin Sebut Kembalinya Sejumlah Wilayah Karabakh ke Azerbaijan Sudah Lama Dibahas

"Dampak (wabah) terhadap sebuah negara sangat lah menghancurkan dan bertahan dalam waktu yang lama," tambahnya.

Anggaran sebesar USD 500 juta telah masuk ke Badan Bantuan Darurat PBB pada tahun 2020 ini. Angaran tersebut digunakan untuk memungkinkan PBB merespon secara cepat krisis kemanusiaan yang terjadi tanpa harus menunggu donasi dari pihak internasional.

Menurut data PBB, Yaman saat ini adalah negara tengah dilanda krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dimana 80 persen penduduknya sangat membutuhkan bantuan.

"Jika kami mengalihkan pandangan, tidak ada keraguan dalam pikiran kami bahwa Yaman akan terpuruk ke dalam wabah kelaparan yang sangat menghancurkan dalam beberapa bulan mendatang," kata David Beasley, Kepala Program Pangan PBB kepada Dewan Keamanan PBB.

NATO Khawatir Penarikan Personil Tentara AS dari Afghanistan Picu Kembalinya ISIS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia