logo


Rusia Segera Luncurkan Satelit untuk Awasi Kondisi Iklim dan Lingkungan Kutub Utara

Rusia akan segera meluncurkan sstelit Artika-M pada Februari 2021 mendatang untuk mengawasi kondisi cuaca dan iklim di lingkungan kutub

14 November 2020 14:21 WIB

Ilustrasi satelit
Ilustrasi satelit istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Rusia dikabarkan akan meluncurkan satelit pertama mereka untuk memonitor iklim dan lingkungan kutub utara pada Februari 2021 mendatang. Satelit tersebut diberinama Artike-M.

Pada bulan Oktober lalu, seorang juru bicara agen antariksa Rusia, Roscosmos, mengatakan bahwa peluncuran satelit Artika-M terpaksa ditunda hingga Februari 2021 karena adanya pemeriksaan tambahan.

"Peluncuran roket pengangkut Soyus-2.1b...dan satelit Artika-M dari Baikonur Cosmodrome dijadwalkan pada 28 Februari," kata salah satu pejabat Roscosmos kepada Sputnik News.


KPU AS Tak Temukan Bukti Kecurangan dalam Penghitungan Suara Pilpres

Ia mengatakan bahwa satelit Artika-M didesain untuk melakukan pengawasan terhadap kondisi iklim dan lingkungan di kawasan kutub utara. Rencananya, Roscosmos juga akan meluncurkan satelit Artika-M kedua pada tahun 2023, dan tiga satelit lainnya antara tahun 2024 hingga 2025.

Satelit tersebut nantinya akan mengumpulkan data dari kawasan kutub bumi untuk meningkatkan akurasi perkiraan cuaca dan mempermudah para peneliti untuk melakukan riset terkait perubahan iklim.

Rusia Berencana Bangun Pangkalan Militer Angkatan Laut di Sudan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia