logo


Menkominfo: BBPPT Dapat Menopang Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia

Menurutnya keberadaan BBPPT yang berada di bawah Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika itu akan dapat menjamin ketersediaan perangkat yang memenuhi standar

13 November 2020 20:34 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat mengunjungi Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kementerian Kominfo di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020).
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat mengunjungi Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kementerian Kominfo di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Keberadaan Balai Uji Perangkat Telekomunikasi diyakini mampu menjadi penopang akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat mengunjungi Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kementerian Kominfo di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020).

"Salah satu dari 5 langkah transformasi digital itu adalah infrastruktur. Kita sedang membangun infrastruktur TIK untuk memastikan Indonesia ini tidak lagi terdapat blankspot 4G khususnya. Kalau (jaringan) itu hadir, maka masyarakat akan menggunakan perangkat-perangkatnya," ujar Johnny.


Perkuat TIK di DPSP, Menkominfo: Masyarakat Harus Berterimakasih Kepada Presiden Jokowi

Menurutnya keberadaan BBPPT yang berada di bawah Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika itu akan dapat menjamin ketersediaan perangkat yang memenuhi standar.

"Hadirnya Balai Uji ini untuk memastikan peralatan radionya dan  perangkat-perangkat yang digunakan oleh masyarakat memenuhi satndar Undang-Undang Telekomunikasi maupun aturan turunannya. Dan tentu standar internasional karena ini digunakan secara global, itu di bidang balai uji," ungkapnya.

Menteri Kominfo menyatakan kesesuaian perangkat telekomunikasi dengan standar nasional maupun internasional akan menjadi salah satu penentu pelindungan konsumen.

"Balai Pengujian Perangkat ini penting karena tidak saja hanya memberikan sertifikat bagi proses produksi dan ekonomi, tetapi paling tidak untuk memastikan dijaganya konsumen itu dengan baik," tuturnya.

Bahkan, Menteri Johnny menyatakan BBPPT akan menjadi perisai dalam pelindungan konsumen untuk perangkat telekomunikasi. Baik dari sisi kualitas maupun dari aspek keamanan dan kesehatan.

"Jadi, ini perisainya konsumen. Bahwa perangkat-perangkat radio, kita tahu radio yang ada elektromagnetik itu bisa mempengaruhi juga, ada gelombang elektromagnetik, ya, sehingga memastikan bahwa perangkat-perangkat ini memenuhi standar-standar kesehatan aman untuk digunakan oleh manusia atau masyarakat," tuturnya.

Dalam hal ini, Menteri Kominfo mengharapkan agar BPPT selalu mengikuti dinamika teknologi yang ada sekaligus meningkatkan kompetensi dalam pengujian perangkat.

"Jadi, kehadirannya penting sekali dan balai uji harus selalu berkembang sejalan dengan perubahan dan kecepatan perkembangan teknologi baru.  Karenanya, penting sekali untuk mempunyai Balai Uji yang kompeten yang mempunyai standar-standar yang memadai," pungkasnya.

Dalam kunjungan ke BBPPT, Menteri Kominfo menyaksian laboratorium pengujian Alat/Perangkat Telekomunikasi Berbasis Radio, Alat/Perangkat Telekomunikasi Berbasis Non Radio, Electromagnetic Compatibility Alat/Perangkat Telekomunikasi, Pelayanan Kalibrasi Perangkat Telekomunikasi, dan Jasa Penyewaan Alat.

Dalam kunjungan itu Menteri Johnny didampingi oleh Dirjen SDPPI Ismail dan Sekretaris Ditjen SDPPI yang menjadi Plt, Kepala BBPPT Rd. Susanto.

Menkominfo Targetkan Sinyal 4G Merata di Seluruh Wilayah 3T Pada Tahun 2022

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×