logo


Utomo Parwito Bocorkan Rahasia Sukses Optimasi SEO

Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan profit website, makanya menjadi hal yang wajib dipelajari.

13 November 2020 18:15 WIB

ilustrasi
ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menekuni dunia blogging atau website, penting untuk mendalami teknik SEO (Search Engine Optimization). Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan profit website, makanya menjadi hal yang wajib dipelajari.

Teknik SEO perlu diterapkan bagi blogger yang serius dengan situsnya. Hal ini untuk meningkatkan peluang bisnis sehingga menghasilkan keuntungan hanya dengan menulis di blog saja.

SEO sendiri merupakan proses optimasi website untuk mendapatkan peringkat tertinggi di search engine. Sehingga membuat artikel berada di posisi teratas di Google.


Tokocrypto Resmi Luncurkan Aplikasi Perdagangan Aset Kripto

Posisi website ini memengaruhi profit dan tidak mudah untuk berada di posisi atas. Artikel tak semata bisa berada di peringkat atas dengan sendirinya, hal itu bisa terjadi dengan bantuan optimasi SEO.

SEO juga termasuk dalam salah satu teknik strategi digital marketing, untuk membantu meningkatkan penjualan. Banyak sekali manfaatnya, dengan teknik SEO juga bisa meningkatkan kredibilitas website.

"SEO dari dulu hingga sekarang menjadi diskursus yang tak pernah memudar di kalangan praktisi digital marketing, khususnya mereka yang fokus pada optimasi website. Jadi tak heran jika SEO selalu berkembang dan terus dipelajari," tutur Utomo Parwito, owner Dailyinfo.id.

Menurut Utomo, dasar dari teknik SEO adalah membuat manipulasi sesuai dengan algoritma mesin pencarian agar suatu website mampu naik ke laman pertama Google. Lalu mulai optimasi pada bagian-bagian penting lainnya.

"Ada 3 kunci belajar SEO yang tidak boleh dilupakan. Pertama, pahami algoritmanya. Kedua, praktikkan strateginya dan yang terakhir evaluasi hasilnya," jelasnya.

Jadi langkah awalnya harus memahami terlebih dulu algoritma Google seperti apa, baru selanjutnya praktikkan tekniknya dan evaluasi hasilnya. Untuk berhasil menjadi praktisi SEO handal butuh waktu, perlu kesabaran dan giat belajar.

"Saya pribadi butuh waktu sekitar 1 tahun untuk mempelajari SEO Google dan menerapkannya pada beberapa blog saya. Harus diakui, cukup rumit, tapi jika dilihat dari hasilnya semuanya sangat sebanding." tutup Utomo Parwito.

Bila sudah menguasai dan menerapkan teknik SEO pada blog, hasil yang diterima akan sangat menguntungkan. Terkhusus untuk bisnis, bila website berada di posisi atas, otomatis bisnis akan mudah ditemukan. Hal ini juga membawa pada manfaat lain, yakni branding. Semakin mudah ditemukan, produk atau bisnis jadi lebih dikenal banyak orang.

Selain menambah ilmu, belajar SEO dan menerapkannya akan memangkas biaya. Biaya optimasi SEO tidak sebesar memasang iklan lewat jasa lain yang belum tentu manfaatnya bisa jelas dirasakan.

Huawei Masih Kuasai Lebih dari 50 Persen Pasar Smartphone China

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata