logo


4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Whatsapp

Whatsapp yang memiliki beberapa fitur unggulan yang membuatnya dicap sebagai raja dari aplikasi chatting

13 November 2020 12:53 WIB

WhatsApp
WhatsApp nguoiduatin.vn

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini memberikan banyak kemudahan pada manusia. Saat ini Anda dapat mengirim pesan atau menelpon seseorang dari jarak jauh melalui smartphone. Anda dapat menggunakan aplikasi Whatsapp yang dapat diunduh secara gratis. Seputar informasi tentang tentang Whatsapp dapat Anda baca pada artikel ini

Salah satu kelebihan tentang Whatsapp menurut kingsmpls.com yang perlu Anda ketahui adalah aplikasi ini dapat digunakan sepuasnya secara gratis. Anda dapat mengirim pesan, membuat panggilan suara dan video, dan beberapa fitur lainnya yang dapat Anda gunakan. Berikut 4 hal tentang Whatsapp yang perlu Anda ketahui.

Sejarah Whatsapp
Whatsapp pertama kali didirikan pada 24 Februari 2009. Pada awalnya, Whatsapp didirikan oleh dua mantan karyawan yaitu Jan Koum dan Brian Acton yang dulunya bekerja di Yahoo yang merupakan situs web terbesar di Amerika Serikat. Dengan pengalaman yang didapatkan selama bekerja membuat mereka yakin dapat membuat Whatsapp.


Layanan Whatsapp Listrik Gratis PLN Mulai Beroperasi 6 April

Dengan modal awal sebesar $400.000, Jan Koum dan Brian Acton menghampiri Alex Fishman untuk mendiskusikan pembuatan Whatsapp yang masih berusia 7 bulan saat itu. Setelah itu Fishman mempertemukan mereka dengan Igor Solomennikov yang merupakan pengembang aplikasi iphone dari Rusia.

Dalam tahap perkembangannya, Whatsapp sering mengalami crash dan tidak dapat berjalan sesuai rencana. Walaupun Jan Koum sempat putus asa di tengah jalan, mereka berdua bangkit kembali untuk mengsukseskan aplikasi ini. Pada akhir tahun 2009, Whatsapp resmi diluncurkan di App Store.

Jan koum juga mengumpulkan beberapa investor untuk mendanai pembuatan aplikasi ini. Pada awal tahun 2010, Whatsapp dapat diunduh di Blackberry Store yang kemudian disusul oleh Android di tahun yang sama. Pada saat itu, pengguna Whatsapp diharuskan untuk membayar biaya penggunaan tahunan.

Beberapa tahun setelah diluncurkan sudah banyak orang yang tahu tentang Whatsapp. Aplikasi ini membutuhkan waktu singkat untuk dikenal oleh masyarakat. Bahkan pada tahun 2013 sudah terdapat 400 juta pengguna aktif dari aplikasi ini.

Facebook, Inc tertarik pada berbagai macam hal tentang whatsaap sehingga mereka mengakuisisi aplikasi ini sebesar 19 milyar USD. Semenjak itu tidak ada satupun perusahaan yang bisa mengalahkan nilai akuisisi Facebok terhadap Whatsapp sampai saat ini.

Pada awal tahun 2016, Jan Koum menyatakan bahwa biaya berlangganan Whatsapp senilai $1 tidak akan diberlakukan lagi. Iklan dari pihak ketiga yang sebelumnya ada juga ikut dihapuskan. Hal inilah yang akhirnya disukai masyarakat tentang Whatsapp. Biaya sms dan telpon yang mahal pada saat itu membuat banyak orang beralih menggunakan aplikasi ini.

Pada tahun 2017, Brian Acton memutuskan untuk keluar dari Whatsapp dan memilih untuk membuat bisnis baru yang bernama Signal. Mundurnya Brian Acton disusul juga oleh Jan Koum pada April 2018 sehingga tidak ada lagi pendiri Whatsapp yang masih bekerja disana. Posisi pimpinan saat ini dipegang oleh Chris Daniels.

Walaupun terjadi perombakan besar pada struktur perusahaan Whatsapp, masyarakat masih tetap setia menggunakan aplikasi ini. Berbagai hal tentang Whatsapp masih menjadi favorit sebagian masyarakat dari seluruh penjuru dunia.

Fitur-Fitur Unggulan Whatsapp
Whatsapp yang memiliki beberapa fitur unggulan yang membuatnya dicap sebagai raja dari aplikasi chatting. Beberapa fitur-fitur pada Whatsapp juga ada di beberapa aplikasi lain. Namun, Whatsapp tetap menjadi pilihan masyarakat untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Berikut beberapa fitur unggulan Whatsapp yang perlu Anda ketahui.

• Chatting dan Telpon Gratis Sepuasnya
Dengan menggunakan Whatsapp maka Anda tidak membutuhkan pulsa untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan. Anda dapat mengirim pesan maupun menelpon kerabat sebanyak dan selama mungkin. Anda hanya membutuhkan kuota atau koneksi internet agar dapat menggunakan aplikasi ini.

• Mengirim Foto, Video, dan File
Anda juga dapat mengirim foto dan video melalui aplikasi ini. Selain itu, Whatsapp juga memungkinkan Anda untuk berbagi file lainnya seperti pdf, word, mp3, dan file lain yang kompatibel dengan aplikasi ini.

• Berbagi Lokasi
Anda dapat membagikan lokasi Anda saat ini kepada orang lain melalui Whatsapp. Pada update terbarunya memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi terkini walaupun Anda sedang bergerak menuju tempat lain.

• Terdapat Fitur Stories
Fitur ini hampir sama dengan fitur stories pada Instagram. Anda dapat membagikan momen ataupun sekedar menuliskan sesuatu di status yang dapat dilihat oleh daftar kontak Anda. Anda juga dapat mengatur siapa saja yang diperbolehkan untuk melihat status yang Anda buat.

• Whatsapp Bisnis
Jika Anda memiliki bisnis maka sudah wajib hukumnya memiliki aplikasi ini. Fitur-fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melayani pelanggan Anda dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini berbeda dengan Whatsapp Messenger sehingga Anda perlu mengunduhnya secara terpisah untuk dapat menggunakannya.

• Whatsapp Web
Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat sinkronisasi antara smatphone dengan komputer atau laptop. Fitur ini sangat berguna terutama bagi Anda yang lebih sering menggunakan laptop atau komputer daripada smartphone.

Fitur-Fitur Terbaru Whatsapp
Pada tahun 2020 ini Whatsapp merilis beberapa fitur untuk pengguna setianya. Update tentang Whatsapp versi terbaru ini sangat membantu masyarakat disaat pandemi COVID-19 yang melanda saat ini. Fitur-fitur terbaru ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk para penggunanya. Berikut beberapa fitur terbaru pada Whatsapp.

• Dark mode
Pada maret 2020, fitur dark mode atau mode gelap sudah dapat digunakan pada Whatsapp versi terbaru. Fitur ini dibuat karena banyak pengguna whtatsapp yang meminta fitur ini dapat digunakan pada aplikasi ini.

Dark mode dipercaya dapat meminimalisir ketegangan pada mata saat menggunakan Whatsapp di lingkungan atau ruangan yang memiliki pencahayaan rendah. Anda dapat mengaktifkan fitur ini pada setelan Whatsapp

• Stiker
Fitur stiker ini sebenarnya sudah dirilis pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, Whatsapp tetap memberikan update terbaru dengan merilis stiker-stiker lucu yang dapat digunakan penggunanya.

Pada April 2020 lalu, Whatsapp merilis “Bersama di Rumah” yang merupakan paket stiker dengan 9 bahasa : Prancis, Turki, Indonesia, Spanyol, Arab, Rusia, Prancis, Portugis, Jerman. Stiker ini dirilis dalam rangka sosialisasi untuk tetap di rumah selama pandemi COVID-19 yang melanda dunia saat ini.

• Dukungan Chat dengan Akun Bisnis
Whatsapp terus memberikan dukungan pada 50 juta lebih bisnis kecil yang memanfaatkan fitur Whatsapp. Pada bulan Juli 2020, Whatsapp merilis 2 fitur dukungan pada Whatsapp business.

Fitur pertama adalah kode QR yang dapat dipindai untuk dapat menghubungi akun Whatsapp bisnis terkait. Anda bisa memasang kode ini pada kemasan produk, etalase toko, dan bukti pembelian, dan lain-lain.

Fitur kedua adalah katalog. Fitur ini dapat memberikan kemudahan untuk menemukan suatu produk. Katalog dan item dagangan lainnya dapat dibagikan di situs web lain seperti Instagram, Facebook, dan situs lainnya sebagai tautan yang dibuka.

• Pesan Sementara
Fitur ini dirilis pada bulan November 2020. Adanya fitur ini memungkinkan suatu pesan yang dikirimkan oleh pengguna dapat hilang setelah 7 hari.

Menurut tim pengembang Whatsapp, fitur ini dapat membuat percakapan menjadi lebih privat dan ringan. Setiap orang bisa mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur ini. Pada grup Whatsapp hanya admin yang dapat mengatur penggunaan fitur ini.

• Layanan Informasi COVID-19
Fitur ini dibuat oleh Whatsapp yang bekerjasama dengan organisasi kesehatan seperti UNDP, WHO, UNICEF. Fitur ini memuat panduan untuk tokoh masyarakat, organisasi nirlaba, pelaku bisnis, pemerintah, pengajar, dan lain-lain.

Pada fitur ini Anda dapat menghubungi hotline COVID-19 apabila ingin mengetahui informasi akurat seputar COVID-19. Dengan adanya fitur ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran berita hoax yang sering beredar.

• Tambahan Kuota Panggilan Suara dan Video Group
Pada bulan April 2020, Whatsapp menambah kuota panggilan suara dan video grup hingga 8 orang. Fitur ini sangat ditunggu-tunggu para pengguna setia Whatsapp agar tidak beralih ke aplikasi lain apabila ingin membuat panggilan grup dengan banyak orang.

Fitur ini hanya dapat diakses bila semua pengguna telah mengupdate Whatsapp ke versi yang paling terbaru. Fitur ini dapat digunakan di Android maupun Iphone.

Kelebihan dan Kelemahan Whatsapp
Fakta tentang Whatsapp yang sangat populer memang tidak bisa dipungkiri lagi. Aplikasi ini masih menjadi aplikasi terbaik diantara aplikasi chatting lainnya. Whatsapp memiliki beberapa kelebihan yang membuat masyarakat lebih memilih aplikasi ini untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Berikut kelebihan tentang Whatsapp yang perlu diketahui.

• Mudah Digunakan
Kemudahan komunikasi yang diberikan Whatsapp pada para penggunanya sudah bukan rahasia lagi. Bahkan orang-orang yang sudah berumur tua dapat menggunakan aplikasi ini tanpa menemukan kesulitan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat diinstal di semua merk dan sistem operasi smartphone.

Anda tidak perlu melakukan regristrasi yang rumit untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Cukup membutuhkan nomor aktif sebagai nomor Whatsapp Anda.

• Sinkronisasi Otomatis Kontak
Aplikasi ini secara otomatis dapat melakukan sinkronisasi pada kontak yang telah tersimpan di smartphone Anda. Anda tidak perlu sinkronisasi manual ketika menyimpan nomor baru karena akan secara otomatis terdaftar pada kontak Whatsapp Anda.

• Terdapat Back Up Chat.
Jika Anda khawatir apabila riwayat percakapan Anda hilang maka Whatsapp merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda. Terdapat fitur back up chat yang dapat memuat kembali seluruh percakapan Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda harus mem-back up chat secara berkala agar dapat menyimpan riwayat percakapan Anda.

WhatsApp juga memiliki beberapa kekurangan yang masih menjadi permasalahan sampai saat ini. Berikut kelemahan tentang Whatsapp yang perlu diketahui

• Sering Update
Aplikasi ini sering meminta update setiap beberapa bulan sekali. Walaupun tujuannya bagus yaitu untuk meningkatkan performa aplikasi, namun ruang penyimpanan smartphone Anda akan terus berkurang karena bertambahnya ukuran dari aplikasi ini.

• Volume Data yang Besar
Aplikasi ini memerlukan volume data yang besar. Adanya video, gambar, stiker, ataupun fitur lainnya mewajibkan untuk memiliki kuota internet yang besar. Oleh karena itu, Anda harus sering mengontrol penggunaan aplikasi ini agar kuota Anda tidak cepat terkuras.

4 hal di atas adalah beberapa info yang perlu Anda ketahui tentang Whatsapp. Anda dapat menelusuri lebih lanjut info dan fitur tentang Whatsapp agar lebih mengetahui seluk beluk pada aplikasi ini.

Ramai WhatsApp Pribadinya Minta Sumbangan, Wali Kota Medan: Nomor Saya Dibajak

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan