logo


Telepon Putin, Erdogan Sebut Kesepakatan Gencatan Senjata di Nagorno-Karabakh adalah Langkah yang Tepat

Presiden Turki Erdogan mengatakan bahwa kesepakatan trilateral antara Armenia, Azerbaijan dan Rusia terkait penyelesaian konflik Nagorno-Karabakh adalah langkah yang tepat

11 November 2020 19:45 WIB

Presiden Turki Recep Erdogan (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan)
Presiden Turki Recep Erdogan (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) Anadolu

ISTANBUL, JITUNEWS.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa kesepakatan gencatan senjata di Nagorno-Karabakh adalah langkah yang tepat untuk menciptakan solusi perdamaian jangka panjang.

Hal tersebut ia katakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sambungan telepon, seperti dilaporkan oleh Kantor Kepresidenan Turki pada Selasa (10/11), dilansir dari Reuters.

Diberitakan sebelumnya bahwa Rusia telah mengirimkan ribuan pasukan militernya untuk mengawasi dan memastikan keamanan di wilayah Nagorno-Karabakh, sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani oleh pihak Armenia, Azerbaijan dan Rusia.


Rusia Sebut Turki Tertarik Dapatkan Lisensi Vaksin Sputnik V

Dibawah kesepakatan tersebut, militer Armenia dan Azerbaijan harus menghentikan pertempuran mereka di Nagorno-Karabakh, dimana status wilayah tersebut diakui sebagai wilayah milik Azerbaijan.

Dalam percakapan telepon tersebut, Erdogan juga akan mengirimkan pasukan militernya untuk membantu Rusia dalam melakukan monitoring di wilayah yang "berhasil dibebaskan dari pendudukan Armenia tersebut".

Sementara itu, pihak Azerbaijan menyebut kesepakatan tersebut sebagai sebuah kemenangan yang mereka nantikan selama hampir tiga dekade ini.

 

China Desak AS Hentikan Peningkatan Hubungan dengan Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia