logo


Fadli Zon Usul Perubahan Nama Provinsi: Jabar Jadi Sunda, Sumbar Jadi Minangkabau

Fadli mengatakan perlunya musyawarah yang diikuti berbagai tokoh setempat.

11 November 2020 14:05 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon JITUNEWS/Latiko A.D

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Politisi Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan dukungan terhadap wacana perubahan nama Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadi Provinsi Sunda. Perubahan nama itu, menurutnya, dapat mengokohkan aspek identitas dan kebhinekaan karena Sunda memiliki sejarah yang kuat.

“Saya juga mengusulkan Provinsi Sumatera Barat menjadi Minangkabau, jadi kenapa tidak, Jabar menjadi Sunda, karena menurut saya ini mayoritas adalah masyarakat etnis Sunda, karena keistimewaan di masa lalu juga,” kata Fadli Zon di Bandung, dilansir dari Fajar, Rabu (11/11).

Anggota DPR Ri itu menyadari usulan tersebut menimbulkan pro-kontra di tengah masyarakat. Oleh karenanya, Fadli mengatakan perlunya musyawarah yang diikuti berbagai tokoh di Jawa Barat.


Megawati Sebut Jakarta Amburadul, Gerindra: Jakarta Adalah Kota Berilmu dan Intelek

“Itu yang perlu dimusyawarahkan dengan masyarakat Betawi, kan tidak ada masalah membicarakan itu, dengan Cirebon juga, karena itu yang perlu dimusyawarahkan, sebuah usulan itu wajar,” ujarnya.

Fadli menambahkan, nama adat atau suku bangsa yang menjadi nama administratif suatu daerah merupakan hal biasa.

“Di kita kan ada Aceh, Papua, Bali, Lampung, Gorontalo, jadi menurut saya tidak ada masalah, malah memperkuat. Di era globalisasi ini identitas kecil ini sangat penting, kembali ke jati dirinya,” jelasnya.

Megawati Sebut Jakarta Amburadul, Gerindra: Tinjauannya dari Sudut Pandang Apa?

Halaman: 
Penulis : Iskandar