logo


Fokus Tangani Pandemi Covid-19, Joe Biden Bakal Wajibkan Penggunaan Masker?

Joe Biden mengatakan bahwa dirinya akan fokus dalam penanganan Covid-19 di Amerika Serikat setelah resmi dilantik jadi presiden

10 November 2020 20:30 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden terpilih AS Joe Biden meminta seluruh rakyat AS untuk bersatu dan mengambil langkah pencegahan sederhana guna menghentikan penyebaran wabah Covid-19. Hal itu ia sampaikan usai bertemu dengan tim penanganan Covid-19 AS untuk masa transisi, pada Senin (9/11).

"Saya mohon kepada anda, pakai lah masker," kata Joe Biden, dikutip dari Al Jazeera, Selasa (10/11).

"Ini bisa menyelamatkan nyawa anda," tambahnya.


Tak Dapat Bantuan dari Pemerintah, Maskapai Terbesar Norwegia Ini Diambang Kebangkrutan

Biden juga berjanji akan membuat rapid tes tersedia secara luas di AS, membangun sebuah tim khusus untuk melakukan pelacakan kontak tracing dan penanganan Covid-19, serta memberikan pedoman dan sumber daya yang diperlukan bagi usaha kecil dan fasilitas pendidikan untuk kembali beroperasi.

Ia juga menyambut baik adanya kabar positif mengenai vaksin Covid-19. Meski demikian, Biden memperingatkan bahwa "proses pendistribusian vaksin juga harus berdasar pada ilmu pengetahuan dan dilakukan secara transparan, sehingga rakyat Amerika dapat meyakini bahwa vaksin yang mereka dapatkan adalah vaksin yang terbukti efektif dan aman".

Ia menambahkan bahwa vaksin Covid-19 yang telah disetujui oleh pemerintahan Donald Trump tidak akan didistribusikan sebelum dirinya resmi dilantik.

"Pemilu telah berakhir. Ini saatnya untuk mengakhiri politisasi langkah penanganan dasar kesehatan publik seperti penggunaan masker dan social distancing," tukasnya.

Kemenkes Rusia Sebut Tingkat Efektifitas Vaksin Sputnik V Diatas 90 Persen

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia