logo


Biaya Terlalu Mahal, Swedia Tak Jadi Blokir Huawei dari Proyek Pengadaan Jaringan 5G

Pemerintah Swedia sementara waktu mencabut pemblokiran mereka terhadap Huawei dan ZTE dari proyek pengadaan jaringan 5G

10 November 2020 19:28 WIB

Huawei 5G
Huawei 5G istimewa

STOCKHOLM, JITUNEWS.COM - Pengadilan Negeri Swedia, pada Senin (9/11), untuk sementara waktu mencabut aturan pemblokiran Huawei dan ZTE dari proyek 5G mereka.

Menurut sebuah laporan yang disampaikan oleh badan konsultan ekonomi Oxford, memblokir seluruh perangkat 5G Huawei di Swedia akan menghabiskan dana yang sangat besar, antara USD 380 juta hingga USD 4 miliar. Sementara itu, Menteri Kominfo Swedia Anders Ygeman mengatakan bahwa biaya total untuk membangun keseluruhan jaringan 5G dengan perusahaan selain Huawei akan jauh lebih mahal.

Sementara itu, Otoritas telekomunikasi Swedia (PTS) mengatakan bahwa mereka telah menginformasikan kepada seluruh operator selular di negara tersebut untuk menunda pembukaan lelang tender proyek jaringan 5G.


Armenia, Azerbaijan dan Rusia Tanda Tangani Kesepakatan Akhiri Konflik Nagorno-Karabakh

"Ketidakpastian terkait kondisi lelang adalah alasan PTS menunda proses lelang (tender)," kata John Strand, salah seorang pakar dan konsultan industri telekomunikasi Swedia kepada Reuters.

Pada Oktober lalu, pemerintah Swedia mengumumkan bahwa mereka memblokir Huawei dan ZTE dari proyek pengadaan jaringan 5G karena dinilai mengancam keamanan nasional, sama seperti langkah yang sebelumnya diambil oleh pemerintah Inggris.

Sementara itu, Huawei menyebut bahwa langkah yang diambil oleh Swedia dan Inggris tersebut adalah akibat adanya tekanan dari pemerintah AS.

"Jika tidak ada tekanan dari Amerika Serikat, saya yakin bahwa kita akan menggelar diskusi mengenai apa yang perlu dan mungkin dilakukan untuk menangani resiko (keamanan nasional) tersebut," kata Andy Purdy, salah satu pegawai Huawei AS, dikutip dari Sputniknews.

Taliban Minta Joe Biden Tetap Tarik Pasukan AS dari Afghanistan Sesuai Rencana Donald Trump

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia