logo


Bertemu Calon Investor di BINUS Virtual PitchUP

Bertemu Calon Investor di BINUS Virtual PitchUP

6 November 2020 14:21 WIB

Logo BINUS Virtual PitchUP
Logo BINUS Virtual PitchUP Istimewa

Membangun startup adalah sebuah mimpi yang saat ini menjadi trend generasi millennial. Hal ini dikarenakan cita cita menjadi pegawai sudah bukan cita cita yang utama dari lulusan universitas. Semangat ini nampaknya didukung oleh banyak universitas dengan mendirikan inkubator bisnis di kampus masing masing untuk membantu generasi muda terutama mahsiswa di kampus tersebut mewujudkan idenya menjadi sebuah startup.

Namun demikian salah satu hal yang tersulit dalam pengembangan startup adalah mendapatkan pendanaan demi kelanjutan bisnis mereka. Tingkat keberhasilan startup untuk terus bertahan hanyalah 5%. Masalah terbesar lagi lagi pada pendanaan untuk menyokong operasional perusahaan yang harus terus berjalan bersamaan dengan inovasi yang terus menerus dilakukan. Tidak heran walaupun mimpi menjadi unicorn ada di sebagian besar benak mahasiswa , hanya sedikit yang berani memulai usahanya dan mendirikan startup.

Kondisi ini diperparah lagi dengan adanya pandemic Covid-19 yang menghantam seluruh dunia di tahun 2020 ini. Acara acara rutin yang kerap diselenggarakan incubator, accelerator dan co-working space dengan mengundang angel investor dan venture capital dan mempertemukan mereka dengan para pelaku startup harus terhenti. Banyak yang mensiasati hal tersebut dengan membuat acara demo day berbasis video conference , namun hal tersebut dirasakan belum mampu menggantikan acara demo day offline yang dulu kerap dilakukan.


Sedang Tren Belanja Online, Banyak Maskapai Rombak Pesawat Penumpang Jadi Pesawat Kargo

Menghadapi situasi tersebut, BINUS University sebagai salah satu universitas swasta terbesar di Indonesia membuat inovasi dengan menyelenggarakan BINUS Virtual PitchUP. Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi BINUS Entrepreneurship Center (BEC), BINUS Incubator, Center for Innovation, Design, and Entrepreneurship Research (CIDER) dan juga BINUS StartUp Accelerator (BiSA) ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY pada Peresmian BINUS Virtual PitchUp yang diadakan secara melalui Zoom dan dihadiri oleh BINUSIAN Leaders, peserta startup, mahasiswa, venture capital, hingga partner industri. “Sejalan dengan visi BINUS 2035 yang fokus pada kegiatan fostering and empowering, acara BINUS Virtual PitchUp ini adalah contoh nyata kegiatan empowering. Saya sangat menyambut baik semangat untuk menyelenggarakan acara ini secara virtual. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi para mahasiswa maupun entrepreneur untuk terus semangat mengembangkan bisnisnya”, ujar Prof. Harjanto Prabowo selaku Rektor BINUS dalam sambutannya.

Salah satu startup yang mendapatkan manfaat dari acara ini adalah Fidato. Fidato merupakan startup hasil pemikiran Fitrah Nugroho dan teman temanya yang adalah mahasiswa Interior Design BINUS UNIVERSITY. Fidato adalah aplikasi marketplace berbasis augmented reality di bidang furniture yang berusaha mempertemukan pengrajin furniture dengan konsumernya. Di ajang BINUS Virtual PitchUP, Fidato sempat bertemu dengan salah satu venture capital dan sedang dalam tahap penjajakan lanjutan untuk investasi awal (seed funding) dengan jumlah yang cukup besar untuk kategori startup buatan mahasiswa.

Coach Hans Daniel selaku pendamping Fidato selama menjalani inkubasi di BINUS Incubator berharap proses yang sedang dijalankan oleh startup ini terus berlanjut hingga ke tahap investasi riil dan dengan menggunakan dana yang diberikan oleh venture capital ini dapat mengembangkan aplikasi yang saat ini sedang dalam proses product launching untuk dapat beredar di pasaran dalam waktu dekat ini.

Harapan ini sejalan dengan tujuan diselenggarakannya BINUS Virtual PitchUP ini yaitu untuk membuka peluang entrepreneur bertemu dengan investor ataupun pakar industri. “Harapannya ketika lowongan pekerjaan di industri menurun seperti di masa pandemi ini, BINUS University bisa mencetak entrepreneur yang handal dan tangguh.” ujar Wakil Rektor BINUS University, Dr. Meyliana, S.Kom., M.M. yang juga memberikan kata sambutan. Beliau menjelaskan bahwa, selain fokus pada employability mahasiswa untuk bekerja di perusahaan global, mengembangkan entrepreneurship juga merupakan fokus BINUS UNIVERSITY.

AS Singkirkan Sejumlah Perusahaan China dari Bursa Saham Nasdaq, Begini Reaksi Beijing

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan