logo


Pelajar Buruan Daftar, Turnamen Esport Nasional Lokapala Berhadiah Total Rp 150 Juta Segera Dimulai

Turnamen Lokapala Tingkat Pelajar Akhirnya Digelar

9 November 2020 16:07 WIB

Turnamen Lokapala
Turnamen Lokapala siaran pers Lokapala

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Game esport pertama Indonesia bergenre MOBA, Lokapala, akhirnya akan segera menggelar turnamen pertama secara nasional. Digelar oleh Muda Productions dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta disponsori oleh Melon dan Indihome, turnamen tersebut dinamai dengan Turnamen Pelajar Indonesia (TPI).

Sesuai dengan namanya, turnamen yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 150 juta itu akan dikhususkan bagi para pelajar SMP, SMA, SMK dan sederajat. Tim pelajar yang mengikuti boleh dari sekolah yang berbeda asal masih berada di kota yang sama. Pendaftaran turnamen ini dibuka sejak 25 Oktober 2020 hingga 25 November 2020 dan pertandingan pembuka akan akan ditayangkan mulai Senin tgl 9 November pk. 20:00 wib di Muda Tv dan Sweet Smile channel bergantian. Informasi lebih detail bisa di dapatkan melalui akun Instagram @Lokapala_Moba atau @tpi.esports.


Pelajar dan Mahasiwa Berdemo Akan Disanksi, Fadli Zon: Demonstrasi Bukanlah Perbuatan Kriminal

Menurut data newzoo dan statista, Indonesia yang berada di peringkat 16 dunia sebagai market industri game, namun industri game lokal hanya menguasai kurang dari 1%. Data riset dari Niko Partner di tahun 2020 menyatakan bahwa 90% pemain game di Asia Tenggara dan di Taiwan menyukai permainan kompetitif bertema esports. Apalagi World Economic Forum mengulas mengenai bagaimana Industri game esports berkembang pesat selama pandemik. Lokapala seakan menjadi jawaban Indonesia tantangan global tersebut dan ini pertama kalinya pemerintah Indonesia menggunakan produk lokal dalam turnamen esports nasional.

Seperti diketahui, Lokapala adalah game besutan Anantarupa Studio, yang sudah 9 tahun bergelut di industri game dan merupakan IP game esports pertama dari Indonesia, dengan latar belakang kekayaan nilai budaya dan sejarah Nusantara.

Totalitas Lokapala untuk mengenalkan sebagian tokoh-tokoh sejarah dan mitologi Nusantara melalui game, disuguhkan dengan konsep desain visual yang sesuai dengan konteks generasi terkini.

"Pemerintah mendorong kerjasama lintas sektor industri, yaitu kolaborasi produk?produk lokal untuk menggunakan trend esports ini menjadi kesempatan untuk mendorong ekonomi nasional dan menjadikan Indonesia mempunyai kedaulatan digital dari sektor game," kata Diana Paskarina, COO dari Anantarupa Studio dalam siaran pers yang diterima oleh redaksi Jitunews, Senin (9/11).

 

Fadli Zon Sebut Pemerintah Tak Bisa Jadikan Pandemi untuk Batalkan Hak Pelajar dan Mahasiswa Berdemo

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×