logo


Polemik Kepulangan Rizieq Tanpa Bantuan Pemerintah, NasDem: Rizieq Sendiri Tidak Pernah Melapor

Willy menyebut bahwa banyak warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki permasalahan kepulangan namun bisa mengurusnya sendiri.

8 November 2020 05:45 WIB

Habib Rizieq
Habib Rizieq Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepulangan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab (HRS) menjadi polemik terkait tidak ada bantuan dari pemerintah. Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, menilai bahwa Rizieq tidak mendapatkan bantuan karena tidak pernah melapor dan meminta.

"HRS sendiri nggak pernah melapor atau minta apa-apa kok, baik ke KJRI atau ke Kedubes RI soal statusnya di sana (Arab). Jadi, ya wajar-wajar saja kalau tidak ada bantuan," kata Willy kepada wartawan, Sabtu (7/11).

Menurutnya, hal itu bukan masalah yang besar. Willy menyebut bahwa banyak warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki permasalahan kepulangan namun bisa mengurusnya sendiri.


Rizieq Shihab Terbelit Masalah, Prabowo Subianto kok Enggak Berbuat Apa-apa?

"Lagi pula soal ini bukan perkara besar. Banyak kasus serupa terjadi di sana. Dan warga kita yang lain bisa mengurusi sendiri untuk urusan-urusan seperti ini," ujarnya.

Willy meminta polemik tersebut tidak dibesar-besarkan.

"Jadi tidak perlu dibesar-besarkan lagilah. Kalau HRS bisa pulang, ya tinggal pulang saja. Toh berangkat juga sendiri, pulang juga bisalah sendiri. Jadi saya kira soal kecil jangan malah dibesar-besarkan. Proporsional sajalah," kata Willy.

Sebelumnya, politikus Partai Gerindra, Fadli Zon membandingkan sikap pemerintah yang tidak memberi bantuan terkait kepulangan Rizieq dengan bantuan hukum ke predator seks, Reynhard Sinaga di Inggris.

Hal itu kemudian ditanggapi Menko Polhukam Mahfud Md dengan mengunggah potongan video Rizieq yang bertekad tidak meminta bantuan dari pemerintah.

Rizieq Mau Pulang, Fadli Zon ke Mahfud Md: Kalau Bisa Ikut Jemput

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata