logo


Kombinasi Pandemi dan Konflik, Puluhan Negara Terancam Wabah Kelaparan

Badan Program Pangan Dunia (WFP) menyebut sedikitnya dua puluh negara di seluruh dunia terancam alami wabah kelaparan

7 November 2020 14:30 WIB

Kelaparan
Kelaparan istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Badan Program Pangan Dunia (WFP) pada Jumat (6/11) mengatakan bahwa sejumlah negara di Afrika dan Timur Tengah seperti Burkina Faso, Nigeria, Sudan Selatan dan Yaman terancam akan segera menghadapi wabah kelaparan.

"Sejumlah bagian dari populasi di empat negara yang mengkhawatirkan tersebut tengah mengalami situasi kelaparan yang kritis. Laporan yang ada memperingatkan bahwa peningkatan konflik serta menurunnya akses bantuan kemanusiaan bisa memicu resiko kelaparan," kata salah satu organisasi PBB tersebut dalam pernyataan tertulisnya, dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (7/11).

WFP juga mengatakan bahwa selain empat negara itu, setidaknya ada 16 negara lainnya yang beresiko tinggi terkena wabah kelaparan parah, seperti Venezuela, Haiti, Afghanistan, Suriah, Lebanon, Sudan, Ethiopia, Somalia, Mozambik, Sierra Leone, Mali, Niger, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, dan Zimbabwe.


Hari Pertama Lockdown, Polisi London Sudah Tangkap Ratusan Warga yang Nekat Berkerumun

"Tingkat kelaparan akut kini sedang menyebar secara global, disebabkan oleh sejumlah faktor," tambah WFP.

Kombinasi berbahaya dari konflik, penurunan ekonomi, perubahan iklim ekstrim dan pandemi Covid-19 membuat orang-orang memasuki fase darurat pangan.

"Sekali lagi, kita menghadapi resiko wabah kelaparan di empat bagian dunia secara bersamaan. Saat kita mengumumkan wabah kelaparan ini, banyak orang yang telah kehilangan nyawa. Jika kita menunggu untuk memastikannya, semua orang akan meninggal," kata Direktur situasi darurat WFP Margot van der Velden.

Badai Eta Picu Tanah Longsor, Korban Tewas di Guatemala Diperkirakan Capai 150 Orang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia