logo


Wishnutama: Tranformasi Digital Harus Dilakukan UMKM di Tengah Pandemi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberi dukungan agar UMKM tetap produktif.

6 November 2020 15:37 WIB

Wishnutama
Wishnutama Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan sektor UMKM harus melakukan transformasi digital ditengah pendemi Covid-19.

Menurutnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberi dukungan agar UMKM tetap produktif.

"Poin pentingnya digitalisasi UMKM ditengah pandemi, tantangan bagi UMKM dalam melakukan transformasi digital. Dukungan Kemenparekraf untuk UMKM produktif," kata Wishnutama di Jakarta,


Mau Jago Jualan Online? Ikut Program Kominfo Ini. Gratis!

Menurutnya, pandemi Covid-19 membawa perubahan mendasar, tidak terkecuali UMKM dan ekonomi kreatif. Apalagi tren digital yang makin berkembang pesat dan digitalisasi lebih cepat dibandingkan prediksi banyak pihak, yang pada akhirnya memaksa untuk beralih ke dunia digital.

Dia mengatakan pada bulan Juli lalu survei katadata menunjukkan 56 persen UMKM yang kondisi usaha buruk dan sangat buruk, hanya 14 persen sangat baik.

“Kini belanja online kuartal kedua naik menjadi 320 juta, meningkat 40 persen dari kuartal pertama. Hal ini menunjukkan masyarakat yang tadinya tidak belanja di ecomerce, kini beralih ke online," katanya.

Ia berharap UMKM bisa menangkap peluang baru tersebut. Namun, diperlukan adaptasi interaksi digital, pengetahuan dan tenaga ahli agar bisa bersaing.

"Ini yang harus para pelaku UMKM manfaatkan. Penjualan online berbeda diperlukan adaptasi secara online. Ada 3 tantangan yaitu, kurangannya digital interaksi, kurang pengetahuan dan bagaimana memasarkan platform digital dan ketidaksiapan tenaga ahli. Sehingga sinergi pemerintah dengan platform digital sangat diperlukan," pungkasnya.

UMKM Harus Bertransformasi ke Ekonomi Digital

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar