logo


Kerusuhan Terjadi di Sejumlah Kota di AS Pasca Pilpres, Puluhan Demonstran Diamankan

Aksi protes yang berakhir dengan kerusuhan terjadi di sejumlah kota di sejumlah negara bagian AS

5 November 2020 16:59 WIB

Pasukan Garda Nasional AS terpaksa diterjunkan untuk mengatasi aksi kerusuhan yang terjadi di Portland, Amerika Serikat, pasca pilpres
Pasukan Garda Nasional AS terpaksa diterjunkan untuk mengatasi aksi kerusuhan yang terjadi di Portland, Amerika Serikat, pasca pilpres The New York Times

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Aksi protes mewarnai proses penghitungan suara hasil pemilihan presiden AS di sejumlah kota di beberapa negara bagian.

Polisi Portland berhasil mengamankan 11 orang pengunjuk rasa, dan menyita sejumlah benda yang berbahaya seperti kembang api, palu dan sebuah senapan, saat aksi protes berakhir dengan kerusuhan. Gubernur Oregon, Kate Brown, terpaksa meminta bantuan pasukan Garda Nasional AS untuk mengatasi aksi protes yang terjadi satu hari usai pemilihan umum.

"Semua bentuk kerumunan yang kita umumkan sebagai kerusuhan terjadi di pusat kota," kata seorang juru bicara kepolisian Portland dikutip dari Reuters, Kamis (5/11).


Ali Khamenei Sebut Sikap Iran kepada AS Tak Akan Berubah Siapapun Presidennya

"Ada sebelas penangkapan malam ini dan kami masih belum menerima laporan jatuhnya korban," tambahnya.

Di New York, NYPD pada Rabu (4/11) malam mengatakan bahwa mereka telah mengamankan sekitar 50 orang pendemo dari sejumlah aksi protes yang ada di beberapa titik di kota tersebut.

Sementara itu, aksi demonstrasi juga dilakukan oleh para pendukung Joe Biden, dimana sebagian besar dilakukan secara damai, terjadi di sejumlah kota di seluruh wilayah AS. Mereka memprotes pernyataan Trump yang mengklaim telah memenangkan pilpres meski proses penghitungan suara masih belum final.

Di Denver, polisi menangkap sedikitnya empat orang usai para pendemo bentrok dengan aparat. Aksi penangkapan juga terjadi di Minneapolis, dimana para pendemo mengambil alih jalanan dan memblokir lalu lintas.

Iran dan Venezuela Berupaya Tingkatkan Hubungan Bilateral

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×