logo


Ali Khamenei Sebut Sikap Iran kepada AS Tak Akan Berubah Siapapun Presidennya

Ali Khameni, pemimpin tertinggi Iran, mengatakan bahwa hasil pilpres AS tidak berarti apa-apa bagi Iran

5 November 2020 14:48 WIB

Ayatollah Khamenei.
Ayatollah Khamenei. Reuters

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei mengatakan bahwa siapapun nantinya yang terpilih menjadi presiden AS, hal itu tidak akan merubah sikap Iran terhadap Amerika Serikat.

Amerika Serikat diketahui telah memutus hubungan diplomasinya dengan Iran sejak Kantor Kedubesnya di Teheran diambil alih oleh pemerintah Iran, dimana sejumlah diplomat mereka menjadi tawanan selama 444 hari pada 1979 silam.

"Kebijakan kami terhadap AS sudah jelas dan tidak akan berubah dengan adanya gerakan individual (pergantian presiden). (Hasil pilpres AS) itu tidak berarti apa-apa bagi kita," ujar Khamenei dalam sebuah pidatonya pada Selasa (3/11) dikutip dari Radio Free Europe, Kamis (5/11).


Mengaku Optimis, Joe Biden: Kami Percaya Kami Akan Menjadi Pemenangnya

Dibawah kepemimpinan Donald Trump, AS keluar dari kesepakatan nuklir 2015 pada 2018 lalu, dan menjatuhkan sanksi sepihak yang membuat perekonomian Iran terguncang.

Sementara itu, pada Senin (2/11), Menteri Luar Negeri Iran Muhammad Javad Zarif mengatakan kepada CBS bahwa ia ingin AS untuk kembali bergabung ke dalam kesepakatan nuklir tersebut. Meski demikian, ia menegaskan bahwa bergabungnya kembali AS ke dalam kesepakatan tersebut bukan berarti Iran akan melakukan negosiasi ulang terkait proyek nuklir mereka.

 

Muncul Wabah Flu Burung di Jepang, Lebih dari 300 Ribu Ayam Dimusnahkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×