logo


Jokowi Akan Beri Penghargaan untuk Gatot Nurmantyo, Refly Harun: Bisa Jadi dalam Rangka 'Menjinakkan'

Refly Harun, menanggapi soal rencana pemberian Bintang Mahaputera kepada mantan TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

5 November 2020 13:45 WIB

Pengamat Hukum Tata Negara Refly Harun.
Pengamat Hukum Tata Negara Refly Harun. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun, menanggapi soal rencana pemberian Bintang Mahaputera kepada mantan TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Ia lalu menyinggung pemberian penghargaan kepada Fahri Hamzah dan Fadli Zon yang juga diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Tentu sama seperti pemberian gelar kepada Fahri Hamzah dan Fadli Zon timbul pertanyaan luar biasa dalam konteks apa pemberian gelar dan tanda jasa seperti ini dilakukan," ujar Refly seperti dilansir Jitunews dari video yang diunggah di akun YouTube Refly Harun, Kamis (5/11).


Fadli Zon: KPU RI Harus Belajar Banyak Bagaimana Penghitungan Pilpres AS

"Kalau konteks waktunya 17 Agustus kepada Fahri Hamzah dan Fadli Zon kemarin dan Hari Pahlawan kepada Gatot Nurmantyo," lanjutnya.

Refly menyebut bahwa bukan suatu kebiasaan memberikan penghargaan di bulan November. Ia menilai pemberian penghargaan tersebut bertujuan untuk 'menjinakkan' mereka yang kerap melontarkan kritik kepada pemerintah.

"Bahwa pemberian tanda jasa kepada Fahri Hamzah, Fadli Zon, dan Gatot Nurmantyo bisa jadi memang dalam rangka 'menjinakkan' mereka-mereka yang memang sering menyampaikan kritik yang luar biasa. Terhadap Fahri Hamzah dan Fadli Zon ada juga hasilnya ya," sebutnya.

Refly kemudian menyinggung soal Partai Gelora dan Partai Gerindra yang mendukung menantu Jokowi, Bobby Nasution, di Pilkada Medan.

"Terlepas memang partainya mendukung Bobby Nasution di (Pilkada) Sumatera Utara. Misalnya Fahri Hamzah dan Partai Gelora terang-terangan mendukung Bobby Nasution. Sementara Gerindra mendukung juga," kata Refly.

Gatot Dianugerahi Bintang Mahaputra, Pengamat: Dia Harus Tetap Mengkritisi Pemerintah

Halaman: 
Penulis : Admin