logo


DPD RI Apresiasi DPRD-Pemprov Lampung Setujui Raperda Pesantren

Raperda tentang penyelenggaraan pesantren adalah inisiatif dari Pemerintah Provinsi Lampung, untuk membantu pesantren memiliki payung hukum sebagai fasilitator pesantren.

4 November 2020 15:49 WIB

 Anggota DPD RI, Jihan Nurlela
Anggota DPD RI, Jihan Nurlela Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota DPD RI, Jihan Nurlela mengapresiasi Provinsi Lampung atas Rancangan Peraturan Daerah (Rapeda) tentang Fasilitas Penyelenggaraan Pesantren.

Menurutnya raperda ini merupakan aturan turunan dari (UU) No 18 Tahun 2019 tentang pesantren.

“Saya selaku anggota DPD RI dari Lampung merasa bangga, dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak pemprov Lampung dan DPRD Lampung yang telah menyepakati Rapeda tentang Fasilitas Penyelenggaraan Pesantren,” kata Jihan dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Rabu (4/11/2020).


Ketua DPR: Saya Sangat Bangga dengan Falsafah Kehidupan Masyarakat Lampung

Jihan menjelaskan raperda tentang penyelenggaraan pesantren adalah inisiatif dari Pemerintah Provinsi Lampung, untuk membantu pesantren memiliki payung hukum sebagai fasilitator pesantren.

Menurutnya keberadaan Raperda memberi ruang kepada daerah untuk memfasilitasi pesantren yang berada di Provinsi Lampung, yaitu untuk mendukung pesantren dan membantu pesantren memenuhi kebutuhan pendidikan.

Dia berharap UU Pesantren yang ditindaklanjuti daerah melalui Rapeda dapat menyejahterakan pesantren.

“UU Pesantren di tingkat nasional belum ada aturan turunannyan. Dengan Raperda ini maka sejumlah sejumlah permasalahan pondok pesantren di masa pandemi covid 19 ini misalnya, Pusat Kesehatan Pesantren, Program Pendidikan Daring, Pendidikan Vokasi di Pesantren (BLK) dan sebagainya yang benar-benar memiliki dampak konkret bagi peningkatan kualitas, kapasitas, dan daya saing santri bisa lebih maksimal lagi,” tukasnya.

KKP Sukses Panen King Kobia di Lampung

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×