logo


KSP: Siapa Bilang PKWT Seumur Hidup?

KSP menegaskan bahwa PKWT masih dibatasi waktunya

4 November 2020 13:25 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah menyatakan bahwa UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tidak mengatur karyawan kontrak seumur hidup.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian III Kantor Staf Presiden (KSP), Fajar Dwi Wisnuwardhani, mengatakan bahwa Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) waktunya masih dibatasi.

"Siapa bilang PKWT seumur hidup? PKWT masih dibatasi waktunya dan akan ditentukan melalui PP," kata Fajar melalui keterangan tertulis, Rabu (4/11).


Jika UU Ciptaker Salah Ketik, Said Didu ke Pemerintah: Kerja Kalian Sembrono dan Sangat Amatiran

Pada Pasal 56 ayat (4) UU Cipta Kerja dijelaskan bawha ketentuan lebih lanjut mengenai perjanjian waktu tertentu berdasarkan jangka waktu atau selesainya pekerjaan tertentu diatur dalam peraturan pemerintah (PP).

Pemerintah meminta masyarakat untuk tidak khawatir mengenai pesangon. UU Cipta Kerja tetap menerapkan sistem pesangon bagi pekerja yang terkena PHK.

Fajar mengatakan bahwa pekerja PKWT bisa mendapatkan kompensasi sudah dijelaskan dalam Pasal 61A UU Cipta Kerja, berikut bunyinya:

Dalam hal perjanjian kerja waktu tertentu berakhir sebagaimana dimaksud dalam Pasal 61 ayat (1) huruf b dan huruf c, pengusaha wajib memberikan uang kompensasi kepada pekerja/buruh.

Pada Pasal 61A ayat 2 juga kembali ditegaskan mengenai hal itu:

Uang kompensasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan kepada pekerja/buruh sesuai dengan masa kerja pekerja/buruh di perusahaan yang bersangkutan.

Salah Ketik UU Ciptaker, Tengku Zul Sindir Istana: Masak UU Negara Kalah Unggul dengan Skripsi?

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata