logo


Tak Ada Kecelakaan Kerja Lebih dari 56 Juta Jam, Pertamina Raih Penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama

PT Pertamina (Persero) berhasil menyabet penghargaan keselamatan kerja Patra Nirbhaya dari Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

3 November 2020 18:46 WIB

Penghargaan keselamatan kerja Patra Nirbhaya dari Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
Penghargaan keselamatan kerja Patra Nirbhaya dari Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) siaran pers Pertamina

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III berhasil menyabet penghargaan keselamatan kerja Patra Nirbhaya dari Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kategori ini diberikan kepada salah satunya Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Hilir tanpa kehilangan jam kerja sebagai akibat kecelakaan.

Dengan catatan 56.310.205 jam kerja aman dalam periode 1 Januari 2017 sampai dengan 30 April 2020, MOR III terpilih sebagai perusahaan yang melakukan implementasi keselamatan kerja diantaranya tidak pernah mengalami kecelakaan fatal (fatality) dan/atau berat, serta seluruh instalasi di wilayah kerja telah memiliki Persetujuan Layak Operasi (PLO) dan/atau Sertifikat Kelayakan Penggunaan Instalasi (SKPI).

“Alhamdulillah atas pencapaian tersebut, kami dianugerahi penghargaan kategori Patra Nirbhaya Karya Utama,” ujar Executive General Manager MOR III Werry Prayogi dalam siaran pers yang diterima oleh redaksi Jitunews, Selasa (3/11).


Tolak Holdingisasi Pertamina, Serikat Pekerja: Harga BBM dan Elpiji akan Semakin Tak Terkendali

Anugerah Patra Nirbaya diumumkan secara virtual melalui live event Penganugerahan Penghargaan Keselamatan Migas 2020 pada Selasa (3/11) siang, yang dapat disaksikan oleh publik melalui kanal Youtube Halo Migas Ditjen Migas.

Adapun dalam acara siaran langsung tersebut, hadir secara virtual untuk mengapresiasi para pemenang yakni Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Arifin Tasrif, Plt. Direktur Jenderal Migas Ego Syahrial, dan Direktur Teknik dan Lingkungan Migas (Kepala Inspeksi Migas) Adhi Wibowo.

Atas pencapaian tersebut, Werry menyampaikan rasa syukur dan bangga atas apresiasi yang diberikan oleh pemerintah, sebagai bukti bahwa MOR III yang wilayah kerjanya meliputi Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, dapat menaati dan berkomitmen penuh dalam menerapkan aspek Health Safety Security dan Environment (HSSE) di lingkungan kerja sehari-hari.

"Tak lupa saya turut mengapresiasi para pekerja dan mitra kerja di lingkungan MOR III Jawa Bagian Barat. Tentunya pencapaian ini merupakan bukti hasil kerja keras dan kedisiplinan pekerja maupun mitra kerja di lingkungan MOR III. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja operasional sekaligus meningkatkan catatan jam kerja aman ke depannya," ujar Werry.

Penghargaan keselamatan migas merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pemerintah untuk menilai kinerja badan usaha yang melakukan pembinaan keselamatan migas serta memiliki catatan kerja aman, dalam dua kategori.

Pertama, kategori Patra Nirbhaya atau kategori tanpa kehilangan jam kerja sebagai akibat kecelakaan. Kedua, kategori Patra Karya atau kategori pembinaan keselamatan kerja minyak dan gas bumi.

Pertamina Catat Lonjakan Konsumsi Avtur Hingga 33% Saat Cuti Bersama Maulid Nabi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia