logo


Argentina Tunggu Kiriman 10 Juta Dosis Vaksin Sputnik V dari Rusia

Pemerintah Argentina mengatakan bahwa vaksin Covid-19 buatan Rusia, Sputnik V, akan tiba pada bulan Desember atau awal Januari 2021

3 November 2020 14:00 WIB

Vaksin Sputnik V buatan Rusia
Vaksin Sputnik V buatan Rusia istimewa

BUENOS AIRES, JITUNEWS.COM - Pemerintah Argentina mengatakan bahwa 10 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Rusia, Sputnik V, akan tiba pada bulan Desember atau awal Januari 2021 mendatang.

Presiden Alberto Alvarez mengatakan bahwa vaksin Rusia tersebut memiliki harga yang cenderung lebih murah daripada vaksin Covid-19 lainnya.

"Kami telah memiliki sebuah proposal dari Kementerian Luar Negeri Rusia dan Badan Investasi Langsung Rusia (RDIF) yang ingin melihat apakah Argentina tertarik untuk memiliki dosis vaksin tersebut pada bulan Desember dan tentunya kami berkata iya," ujar Fernandez dikutip dari Channel News Asia, Selasa (3/11).


Komisi HAM PBB Sebut Serangan terhadap Warga Sipil di Nagorno-Karabakh adalah Kejahatan Perang

Fernandez juga mengatakan bahwa negosiasi dengan RDIF telah berlangsung beberapa waktu yang lalu, dimana sejumlah pejabat termasuk Menteri Kesehatan Argentina telah berkunjung ke Rusia untuk memantau perkembangan vaksin Sputnik V.

"Vaksin Sputnik V untuk Argentina nantinya akan diproduksi oleh sejumlah rekan RDIF di India, China dan beberapa negara lainnya," kata CEO RDIF, Kirill Dmitriev melalui seorang juru bicara perusahaan.

Menurut data Kemenkes Argentina, pemerintah sejauh ini telah melakukan 19 uji coba vaksin Covid-19, dimana Pfizer Inc dan Johnson & Johnson merupakan perusahaan-perusahaan farmasi yang ikut terlibat dalam uji coba tersebut.

Jalani Karantina Mandiri, Dirjen WHO Belum Dapat Pemeriksaan Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia