logo


Jalani Karantina Mandiri, Dirjen WHO Belum Dapat Pemeriksaan Covid-19

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menjalani masa karantina mandiri usai dnyatakan telah berkontak dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19

3 November 2020 13:30 WIB

Badan Kesehatan Dunia, WHO
Badan Kesehatan Dunia, WHO reuters

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sejauh ini belum menjalani pemeriksaan Covid-19 usai sebelumnya sempat berkontak dengan seorang yang dinyatakan positif Covid-19. Tedros kini tengah menjalani masa karantina mandiri.

"Saya telah diidentifikasi melakukan kontak dengan seorang yang teruji positif #COVID19. Saya baik-baik saja dan tanpa gejala namun akan menjalani karantina mandiri untuk beberapa hari ke depan, sesuai dengan protokol @WHO, dan bekerja dari rumah," tulisnya dalam sebuah postingan di Twitter.

Direktur Eksekutif program darurat WHO, Dr Mike Ryan mengatakan bahwa protokol dasar yang diberlakukan bagi semua orang yang berkontak dengan seseorang yang terbukti terinfeksi Covid-19 adalah menjalani karantina mandiri selama beberapa hari.


Swedia: Biarkan Wanita Polandia Melakukan Aborsi di Swedia

"Pemeriksaan (Tedros) tergantung dengan munculnya gejala, atau ia akan mendapat pemeriksaan beberapa hari mendatang," kata Ryan dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (3/11).

"Protokol kami saat ini tidak mewajibkan ia (Tedros) untuk diperiksa," tambahnya.

Ryan juga mengatakan bahwa koleganya tersebut saat ini tengah bekerja dari rumah.

"Ia (Tedros) tengah menjalani karantina mandiri di rumahnya....dan bekerja secara terpisah (WFH) dan melanjutkan tugasnya dalam mendukung (kesehatan) dunia," ujar Ryan.

Dalam sebuah webinar sebelumnya, Tedros mengakui bahwa dirinya merupakan kelompok yang beresiko tinggi terhadap infeksi Covid-19 karena penyakit hipertensi yang ia derita.

Komisi HAM PBB Sebut Serangan terhadap Warga Sipil di Nagorno-Karabakh adalah Kejahatan Perang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia