logo


Pilih Tak Naikkan UMP Jawa Barat 2021, Ini Alasan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil mempunyai alasan untuk tidak menaikkan UMP 2021.

2 November 2020 19:49 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ist

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memutuskan untuk tidak menaikkan upah minimun provinsi (UMP) 2021. Hal ini berbeda dengan yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ia mengatakan di daerah yang ia pimpin ada 2.000-an perusahaan yang kena imbas Covid-19 dan hampir 500 perusahaan melakukan PHK terhadap karyawannya.

"Oleh Covid sektor yang paling parah manufaktur dan jasa. Karena jumlah industri paling banyak se Indonesia Raya dan sektornya paling terdampak sehingga jumlah PHK-nya juga paling banyak. Itulah kenapa upah minimun provinsi Jabar tidak dinaikkan, mengikuti surat edaran kementerian dan tenaga kerja," jelas dia dilansir Detik.com.


Pekan Ini, Jabar Gelar Simulasi Vaksinasi di Kota Depok

Alasan lainnya adalah Ridwan Kamil takut perusahaan melakukan PHK lagi jika UMP dinaikkan.

"Jadi kalau upah dinaikkan, kami khawatir perusahaa akan mem-PHK lagi, yang dirugikan kan buruh juga.  Jadi saya mohon pemahanan dan pengertiannya. Mari dukung pemulihan ekonomi supaya tahun depan kita bisa mengkompensasi kekurangan tidak ada kenaikan saat ekonomi sudah pulih lagi," tambah dia.

Melesat, Realisasi Penyaluran Dana PEN bank bjb Lampaui Target

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×