logo


Turki Diguncang Gempa, Azerbaijan Siap Beri Bantuan

Azerbaijan menyatakan siap menyediakan semua yang diperlukan oleh pemerintah Turki untuk menangani dampak bencana gempa bumi

31 Oktober 2020 12:58 WIB

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev istimewa

BAKU, JITUNEWS.COM - Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menyampaikan rasa dukanya kepada Presiden Tayyip Erdogan pasca terjadinya bencana alam gempa bumi di Provinsi Izmir, Turki. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya siap menyediakan semua yang diperlukan oleh Turki dalam menangani dampak bencana.

Hal senada juga diungkapkan oleh Perdana Menteri Azerbaijan Ali Asadov, saat berkomunikasi dengan Wakil Presiden Turki Fuat Oktay.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa Azerbaijan adalah pihak luar negeri pertama yang menghubungi Turki sesaat setelah gempa terjadi.


Trump Sebut AS Rentan terhadap Serangan Teroris Islam Jika Joe Biden Menang Pilpres

"Saya ingin berterima kasih kepada saudara saya Menteri Situasi Darurat Azerbaijan Kamaladdin Heydarov, yang menjadi orang pertama yang menghubungi (kami) sesaat setelah gempa di Izmir terjadi dan meyatakan mereka siap untuk membantu," kata Mevlut Cavusoglu dalam postingan Twitternya, dikutip dari Anadolu, Sabtu (31/10).

Menurut laporan BNPB Turki (AFAD), sedikitnya enam orang dinyatakan tewas dan lebih dari 300 lainnya terluka usai gempa bermagnitudo 6.7 mengguncang provinsi Izmir. AFAD juga menyatakan bahwa gempa tersebut terjadi pada Jumat (30/10) pukul 2.51 siang waktu setempat, dimana titik pusat gempa berada di kedalaman 16.54 kilometer.

Gubernur Izmir Yavuz Selim Kosger mengatakan bahwa sejauh ini 70 orang telah berhasil diselamatkan dari puing-puing bangunan. Dua helikopter militer juga telah diterjunkan untuk membantu proses pencarian dan penyelamatan korban.

Mantan Presiden Perancis Ingatkan Terorisme Bukan Bagian dari Islam

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia