logo


182 Juta Unit Terjual di Kuartal Ketiga, Pasar Smartphone Global Mulai Pulih

Pasar smartphone global mulai pulih usai Digitimes Research melaporkan bahwa sejumlah produsen China berhasil mengirimkan 182 juta unit ponsel

30 Oktober 2020 13:46 WIB

gsmarena.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tahun 2020 ini merupakan tahun yang sangat sulit bagi sebagian besar produsen smartphone di seluruh dunia akibat terjadinya wabah Covid-19. Pasar smartphone mengalami dampak yang signifikan akibat adanya gangguan pada rantai pasokan dan sejumlah pabrik di China akibat adanya lockdown yang diberlakukan oleh banyak negara. Hal tersebut juga berdampak terhadap penjualan smartphone global.

Setelah beberapa bulan, tampaknya pengiriman smartphone dari China mulai kembali normal.

Dilansir dari Gizchina pada Jumat (30/10), Digitimes Research melaporkan bahwa sejumlah vendor smartphone China mengalami peningkatan pengiriman global hingga 182 juta unit pada kuartal ketiga tahun 2020 ini, atau meningkat 10.6 persen dibanding dengan kuartal kedua. Namun, angka tersebut masih 5.6 persen lebih rendah dibanding dengan kuartal ketiga tahun 2019 lalu.


Pengin Bikin Website untuk Bisnis? Ini Cara Tepat Menentukan Nama Domain

Meski demikian, laporan tersebut merupakan sebuah sinyal bahwa pasar ponsel pintar mulai pulih dan menuju normal.

Menurut laporan tersebut, produsen smartphone China diprediksi akan mengalami peningkatan pengiriman setidaknya 5 persen pada kuartal keempat tahun 2020. Namun, tetap saja itu masih dibawah capaian mereka pada tahun 2019 lalu.

Digitimes Research juga memprediksi bahwa Huawei nantinya akan tergeser oleh kompetitornya seiring dengan peningkatan pengiriman global yang akan dialami oleh produsen China lainnya. Seperti diketahui, sejumlah produsen China pada kuartal ketiga ini telah merilis sejumlah perangkat terbaru mereka dan akan berlanjut hingga kuartal keempat. Contohnya, anak perusahaan Xiaomi, Poco, masih memiliki beberapa ponsel mid-range yang akan mereka rilis pada Desember mendatang.

Lebih lanjut, Redmi juga diprediksi akan merilis seri terbaru Redmi Note 10 sebelum akhir tahun ini. Realme, Oppo, dan Vivo tampaknya juga tak mau kalah dari kompetitornya tersebut.

Singkirkan Huawei dari Jaringan 5G, Inggris Rugi 100 Miliar Poundsterling

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia