logo


PM Jepang: Hubungan yang Stabil dengan China Juga Sangat Penting

PM Jepang mengatakan bahwa pihaknya akan memperkuat kerja sama dengan AS dan meningkatkan hubungan dengan negara-negara di Asia

29 Oktober 2020 10:15 WIB

PM Jepang Yoshihide Suga
PM Jepang Yoshihide Suga istimewa

TOKYO, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan bahwa meskipun saat ini prioritas Jepang adalah menguatkan hubungan dengan Amerika Serikat, namun pihaknya juga akan bertekad untuk mengembangkan hubungan dengan sejumlah negara Asia lainnya.

"Bersatunya Jepang dan Amerika Serikat adalah sebuah langkah dalam politik internasional kami untuk memastikan keamanan nasional. Kami akan mengembangkan hubungan-hubungan dengan Amerika Serikat dalam kawasan yang lebih luas, mulai dari situasi di sekitar Korea Utara dan di seluruh kawasan," kata Suga kepada parlemen Jepang dikutip dari Sputnik News, Kamis (29/10).

Selain itu, ia juga akan menjaga hubungan dengan China, mengingat hubungan kedua negara selama ini tidak begitu stabil karena terlibat sengketa wilayah perairan.


Singkirkan Huawei dari Jaringan 5G, Inggris Rugi 100 Miliar Poundsterling

"Hubungan yang stabil dengan China juga sangat penting, tidak hanya bagi kedua negara namun juga bagi kawasan dan seluruh dunia," ujarnya.

Tokyo dan Beijing selama ini terlibat sengketa wilayah di Laut China Timur. Jepang bersikeras mengklaim bahwa pulau Sengoku adalah wilayah teritorialnya sejak tahun 1895, sementara China mengklaim bahwa peta Jepang yang dibuat pada tahun 1783 dan 1785 menyatakan jika pulau tersebut adalah wilayah China.

"Kami tetap akan mempertahankan apa yang perlu dipertahankan," tegasnya.

Malaysia Kecam Adanya Karikatur Nabi Muhammad dan Pernyataan Macron soal Islam

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia