logo


Penetapan Tersangka Habib Bahar Dianggap Janggal, Ada Upaya Pembungkaman

Penetapan tersangka terhadap Habib Bahar itu terlalu dipaksakan sehingga terkesan sebagai upaya pembungkaman.

28 Oktober 2020 14:15 WIB

Bahar bin Smith
Bahar bin Smith bbc

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengacara Habib Bahar bin Smith, Aziz Yanuar menyatakan banyak kejanggalan dalam penetapan status tersangka kliennya terkait kasus dugaan penganiayaan.

Aziz mengungkapkan kasus yang terjadi di kediaman keluarga Habib Bahar pada 2018 itu sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

“Kasus dari 2018 sudah ada perdamaian, sudah ada pencabutan LP,” kata Aziz Yanuar, dilansir dari Pojoksatu.id, Rabu (28/10).


Alfin Andrian Bisa Peragakan 17 Adegan Penusukan SAJ, Warga: Katanya Gila?

Menurutnya, penetapan tersangka terhadap Habib Bahar itu terlalu dipaksakan sehingga terkesan sebagai upaya pembungkaman, bahkan kriminalisasi.

“Ini bukan pembungkaman lagi tapi kriminalisasi Habib Bahar. Sangat nyata,” tegasnya.

Aziz menilai secara UU seharusnya pihak kepolisian memberi jaminan kepada Habib Bahar. Terlebih pihak pelapor sudah tak memperkarakan kasus alias berdamai.

“Ketika pihak pelapor dan terlapor sudah bersepakat dan merasa adil ketika kasus tidak dilanjutkan. Maka, pihak kepolisian tak bisa memaksa,” tuntasnya.

Seperti diketahui, Habib Bahar bin Smith kembali terjerat kasus dugaan penganiayaan. Ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat.

Pasal yang disangkakan kepada Bahar yaitu Pasal 170 dan 351 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan tempat kejadian perkara di Bogor, Jawa Barat.

Habib Bahar Belum Bebas Usai Putusan PTUN, Kemenkumham Disebut Langgar HAM

Halaman: 
Penulis : Iskandar