logo


75 Tahun Indonesia Merdeka, Puan: Apakah Rakyat Sudah Mendapatkan Keinginannya?

Menurutnya, Ombudsman didaulat rakyat menjadi mata pengawas untuk memastikan semua it

28 Oktober 2020 13:57 WIB

Ketua DPR RI, Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara soal peran pemerintah dalam memberikan kemerdekaan seperti yang diharapkan rakyatnya.

Puan mengatakan, rakyat melihat kehidupan yang lebih baik ketika ada teriakan, merdeka, merdeka, merdeka, saat masa perjuangan RI menuju kemerdekaan.

"Kini 75 tahun Indonesia sudah merdeka, apakah rakyat sudah mendapatkan keinginannya?" kata Puan ketika membacakan puisi 'Hak-nya Rakyat Merdeka untuk Dilayani' karya Tim Pusat Penelitian DPR dalam Festival Puisi yang diselenggarakan Ombudsman RI secara daring, Selasa (27/10).


Minta Tak Kaitkan dengan Pilpres 2024, PDIP: Ganjar Bisa Ada Posisi yang Berbahaya

Dalam bait puisi itu, Puan menanyakan, apakah negara dan pemerintah sudah menjalankan tugasnya melayani rakyat.

Menurutnya, Ombudsman didaulat rakyat menjadi mata pengawas untuk memastikan semua itu. Sebab, Ombudsman menjalankan tugas dan wewenangnya dengan asas kepatutan, keadilan, nondiskriminasi, tidak memihak, akuntabilitas, keseimbangan, keterbukaan, dan kerahasiaan.

"Sang pengawas berdiri mandiri untuk memastikan rakyat mendapatkan pelayanan," ujar Puan.

Politisi PDIP itu menilai pelayanan pemerintah merupakan hak rakyat yang merdeka. Baginya, pejabat tak seharusnya bersombong hati dengan menganggap rakyat tak penting.

"Justru seperti padi, yang semakin merunduk ketika semakin berisi. Begitulah harusnya sikap para penggawa negeri. Melayani, melayani, dan melayani. Dengan melayani, kita jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tukasnya.

Tamara Bleszynsky Minta Jerinx Dibebaskan

Halaman: 
Penulis : Iskandar