logo


Foto Komodo Berhadapan Truk Viral, Denny Siregar: Jangan Percaya sama Orang yang Percaya Sarumpaet Digebukin

Menurutnya, Pulau Rinca diperuntukkan untuk wisata, sedangkan untuk konservasi di Pulau Komodo.

27 Oktober 2020 12:58 WIB

Denny Siregar
Denny Siregar istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pegiat media sosial Denny Siregar turut angkat bicara terkait viralnya foto komodo tengah berhadapan dengan truk di Taman Nasional Komodo kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia tak habis pikir kehebohan publik yang hanya dipicu oleh satu foto.

Denny menyebut ada sejumlah komodo di daerah tersebut. Menurutnya, Pulau Rinca diperuntukkan untuk wisata, sedangkan untuk konservasi di Pulau Komodo.

“Modal satu foto doang, ributnya se galaksi.. Padahal ini di pulau Rinca, pulau kecil dekat pulau Komodo. Disana emang ada beberapa komodo. Tapi pulau Rinca diperuntukkan untuk wisata, sedangkan untuk konservasi di Pulau Komodo,” cuit Denny di akun Twitternya, dilihat pada Selasa (27/10).


Sindir Jurassic Park di NTT, PKS: Promosi Wonderful Indonesia, Tapi yang Untung Investor Swasta

Dia meminta semua pihak tak mudah terpancing, sama seperti kasus Ratna Sarumpaet yang mengaku mengalami kekerasan. “Jangan percaya sama orang-orang yang percaya Sarumpaet digebukin.”

Untuk diketahui, kawasan Labuan Bajo, yang sebagian wilayahnya meliputi Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai salah satu destinasi Wisata Super Prioritas seperti ditetapkan dalam surat Sekretariat Kabinet Nomor B652/Seskab/Maritim/2015 tentang arahan Presiden Republik Indonesia mengenai pariwisata.

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekowisata (KSDAE) KLHK, Wiratno, mengatakan di wilayah tersebut saat ini dilakukan pembangunan sarana prasana penunjang pariwisata.

"Terkait dengan foto yang tersebar di media sosial tersebut dapat dijelaskan bahwa kegiatan aktifitas pengangkutan material pembangunan yang menggunakan alat berat dilakukan karena tidak dimungkinkan menggunakan tenaga manusia. Penggunaan alat-alat berat seperti truk, ekskavator dan lain-lain, telah dilakukan dengan prinsip kehati-hatian," kata Wiratno dalam keterangannya.

Pulau Rinca memiliki luas 20.000 hektare, sementara luas Lembah Loh Buaya adalah 500 hektare atau 2,5 persen dari luas Pulau Rinca. Estimasi populasi komodo di Pulai Rinca pada 2019 diperkirakan sebanyak 1.300 ekor, sementara populasi komodo di Lembah Loh Buaya sekitar 66 ekor.

Dituding Pansos Usai Komentari Pulau Komodo, Begini Balasan Bintang Emon

Halaman: 
Penulis : Iskandar