logo


85 Persen Orang Tak Alami Efek Samping, Vaksin Sputnik V Efektif Lawan Covid-19?

Institut riset Gamaleya mengatakan bahwa hanya 15 persen orang yang mengalami gejala efek samping setelah disuntik vaksin Covid-19 Sputnik V

27 Oktober 2020 11:15 WIB

Vaksin Sputnik V buatan Rusia
Vaksin Sputnik V buatan Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Pusat riset Institut Gamaleya mengatakan bahwa Vaksin virus Sars-Cov-2 buatan Rusia, Sputnik V, tidak menimbulkan gejala efek samping pada 85 persen orang yang telah mendapatkan vaksinasi COvid-19.

"Gejala efek samping dapat dilihat pada sekitar 15 persen mereka yang telah mendapat vaksinasi. Sementara 85 persen lainnya tidak mengalami gejala efek samping ataupun merasakan gangguan dari vaksin ini," kata Kepala Riset Institut Gamaleya, Alexander Gintsburg, dikutip dari Sputniknews, Selasa (27/10).

Sputnik V, vaksin Covid-19 yang berhasil dikembangkan oleh Institut Riset Gamaleya bekerja sama dengan Kementerian Investasi Rusia, merupakan vaksin pertama di dunia yang telah diregistrasi untuk melawan penyakit Covid-19.


Paris Minta Negara-negara Muslim Hentikan Boikot Produk Perancis

Vaksin tersebut saat ini tengah menjalani uji coba klinis tahap ketiga di sejumlah negara.

Sementara itu, otoritas Rusia saat ini juga telah menyetujui satu kandidat vaksin Covid-19 lainnya, EpiVacCorona, yang berhasil dikembangkan oleh State Research Center Vector.

Pemerintah Jerman Peringatkan Raja Thailand untuk Tak Berpolitik saat Tinggal di Jerman

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia